DhohoTV - Sosial

Longsor Terus-Menerus , Pemkab Datangkan Ahli Geologi Trenggalek Jatim

Oleh : redaksi Rabu, 30 Nopember 2016

Keterangan : Pemerintah kabupaten trengalek , jawa timur , dan pemerintah pusat mendatangkan tim ahli geologi , untuk meneliti kondisi sejumlah titik longsoran yang terjadi terus-menerus di ruas jalan nasional , m

Bagikan

Sejumlah tim ahli geologi dari universitas gajahmada yogyakarta , didatangkan langsung ke kabupaten trenggalek , jawa timur , untuk meneliti sejumlah titik longsoran yang terjadi secara sporadis di beberapa kecamatan .

Salah satu , yang mendapat perhatian serius adalah kilometer 16 , ruas jalan nasional trenggalek-ponorogo , akses vital antara provinsi jawa timur dengan jawa tengah ini , selama hampir dua pekan terakhir terus-menerus terjadi tanah longsor . Bahkan selama empat hari terakhir akses jalan terputus total , karena timbunan material longsor yang cukup banyak .

Bupati trenggalek , emil elestianto dardak , mengatakan tim ahli geologi ini , nantinya akan melakukan penelitan mendalam terhadap beberapa titik longsor , dan pergerakan tanah yang terjadi di kabupaten trenggalek . Rekomendasi yang akan dikeluarkan ahli geologi tersebut , menjadi acuan pemerintah daerah , untukmelakukan langkah penanganan jangka menengah maupun jangka panjang .

Menurutnya , peristiwa tanah longsor yang terjadi di kabupaten trenggalek , apabila dibiarkan terus menerus akan mengancam roda perekonomian serta mengancam keselamatan jiwa masyarakat .
Dari pemetaan udara yang dilakukan balai besar pemeliharaan jalan nasional wilayah delapan jawa timur , ancaman longsor di jalur trenggalek-ponorogo masih cukup tinggi . Untuk saat ini , masih akan fokus pada penanganan jangka pendek , berupa upaya pembersihan material longsor .
Salah seorang tim ahli geologi u-g-m yogyakarta , farma diva , mengatakan dari pengamatan awal , sebagian wilayah trenggalek , cukup rawan terjadi tanah longsor . Hal ini diakibatkan oleh struktur batuan yang ada , didominasi oleh batuan vulkanik sehingga rentan ambrol apabila terjadi hujan deras . Kondisi tersebut , diperparah oleh minimnya vegetasi  atau tumbuh-tumbuhan di kawasan lereng pegunungan .
Sementara itu , memasuki hari keempat , tanah longsor yang menimbu ruas jalan nasional trenggalek-ponorogo , belum berhasil dibuka . Kondisi ini , dipengaruhi oleh banyaknya material yang ambrol  , dan hingga kini , jalur selatan yang menghubungkan provinsi jawa timur dengan jawa tengah masih terputus total , akses lalu lintas terpaksa dialihkan melalui kabupaten kediri maupun pacitan .  Dari Trenggalek , Nada Wianto .