DhohoTV - Sosial

Enam Rumah Warga Retak-Retak Akibat Pergerakan Tanah Trenggalek Jatim

Oleh : redaksi Selasa, 29 Nopember 2016

Keterangan : Musibah tanah retak terjadi di kecamatan tugu , kabupaten trenggalek , jawa timur , enam rumah warga mengalami retak-retak di seluruh bagian , bahkan satu rumah kondisinya nyaris roboh . Sehingga meny

Bagikan

Tanah retak ini , terjadi di dusun joho , desa pucanganak , kecamatan tugu , kabupaten trenggalek , jawa timur . Salah satu rumah yang mengelami retak , adalah milik sumarji , seluruh bagian rumah , mulai dari depan hingga belakang mengalami retak-retak . Retakan tersebut terjadi pada tembok dan lantai , bahkan di salah satu sudut rumah , lebar retakan mencapai lebih dari 10 centimeter.
Saat ini , seluruh anggota keluarganya telah mengungsi ke rumah anggota keluarga yang lain . Sementara itu , perabot rumah tangga yang ada di dalam rumah juga telah dipindahkan , ketempat yang lebih aman .

Kondisi serupa , juga terjadi di rumah karyani , beberapa lantai , dan tembok rumah mengalami retak-retak . Namun , meskipun mengalami keretakan , keluarga karyani masih bertahan untuk menghuni rumah tersebut
Fenomena tanah retak di dusun ini , terjadi selama tiga hari terakhir , hal ini di picu oleh tngginya intensits curah hujan di wilayah trenggalek , selama tiga pekan terakhir .

Sementara itu , camat tugu , rudiyanto , mengatakan dari enam rumah yang terdampak retakan tanah , tiga diantaranya kondisinya cukup parah . Pihaknya , mengaku telah melaporan ke pemerintah daerah , untuk penanganan lebih lanjut .
Kejadia tanah retak di trenggalek , terjadi sporadis di tiga kecamatan , yakni kecamatan bendungan , kecamatan trenggalek , dan kecamatan tugu . Kondisi terparah , saat ini terjadi di desa depok kecamatan bendungan , karena retakan tanah mengancam 32 kepaal keluarga , akibatnya 99 warga harus mengungsi . Dari Trenggalek ,Nada Wianto.