DhohoTV - Sosial

Demo Guru Honorer K2, Tuntut Upah Layak Serta Status Pns Blitar

Oleh : Redaksi Selasa, 15 Nopember 2016

Keterangan : Puluhan guru honorer berstatus kategori dua, yang tergabung dalam gerakan honorer indonesia bersatu, melakukan aksi demo di depan gedung pemkab blitar. Massa aksi menuntut adanya peningkatan honor mer

Bagikan

Dengan membawa sejumlah poster tuntutan, puluhan honorer k2 kabupaten blitar, melakukan aksi di depan pemkab blitar, jalan kanigoro blitar. Massa menuntut bupati blitar , untuk segera menerbitkan sk pemkab, terkait kenaikan honor yang selama ini dinilai tidak sesuai dengan kriteria hidup layak . Yang masih berada jauh dibawah upah minimum kabupaten blitar .

Selama ini guru honorer kategori dua di kabupaten blitar, hanya menerima honor sebesar , tujuh ratus lima puluh ribu rupiah per bulan . Padahal umk untuk kabupaten blitar tahun 2016 sebesar , satu juta lima ratus dua puluh satu ribu rupiah .
Jika dibandingkan dengan wilayah lain seperti blora , tegal , gresik dan jombang . Sejumlah daerah ini , sudah bisa membayar honorer k2 sesuai umk yakni rata-rata rp 1,5 sampai rp 1,7 juta per bulan dengan apbd dikisaran rp 1,5 triliun . Namun di kabupaten blitar hanya diberikan separuh umk padahal besaran total apbd kabupaten blitar rp 2,5 triliun .

Selain menuntut kenaikan honor, massa juga menagih janji bupati blitar yang menyatakan akan memprioritaskan guru honorer k2 diangkat menjadi pns. Namun janji itu belum terlaksana sejak masa kampanye pilkada lalu , hingga saat ini .
Usai menyampaikan aspirasinya, massa kemudian membubarkan diri, dan melanjutkan aksinya di gedung dprd kabupaten blitar, untuk mengadu kepada para wakil rakyat.Dari Blitar Moh Aji .