DhohoTV - Sosial

Trenggalek Datangkan Walikota Terbaik Di Filipina Trenggalek Jatim

Oleh : Redaksi Senin, 14 Nopember 2016

Keterangan : Pemkab trenggalek , jawa timur , mengundang walikota terbaik di filipina , untuk berbagi pengalaman dalam mempercepat laju pertumbuhan daerah . Bupati trenggalek , menilai walikota ini merupakan sosok

Bagikan

Walikota catbalogan , filipina , hon stephany uy-tan , datang ke trenggalek , jawa timur , bersama sejumlah delegasi dari persatuan pemerintah daerah se-asia pasifik , u-c-l-g aspac , serta asosiasi pemerintah kabupaten seluruh indonesia , apkasi .
Bupati trenggalek emil elestianto dardak , mengaku sengaja mengundang walikota stephany tersebut , untuk mempererat kerjasama internasional antara kabupaten trenggalek dengan kota catbalogan , serta negara filipina .

Menurutnya , walikota stephany , di minta untuk berbagi pengalaman dalam memimpin kotanya . Walikota perempuan tersebut , di nilai memiliki prestasi yang cukup gemilang dalam membangun daerah yang di pimpin . Kota yang semula hanya memilki indeks daya saing nomor 106 se-filipina , langsung meroket menjadi nomor 46 di filipina .

Walikota catbalogan , stephany uy-tan , mengatakan mengubah wilayah yang tadinya memiliki daya saing rendah menjadi kota yang diperhitungkan , membutuhkan perjuangan yang ekstra . Ia mengaku , salah satu caranya yakni dengan menciptakan sistem pemerintahan yang bersih dan kredibel .

Menurutnya di catbalogan , untuk pengajuan perizinan penanaman modal hanya cukup mudah , dan hanya membutuhkan waktu satu hari , dengan melalui tiga langkah , dan seluruh sistem yang digunakan telah online .  

Untuk menunjang iklim investasi , pemerintah daerah , juga memberikan kepastian hukum terhadap unit usaha yang beroperasi di wilayahnya . Pemerintahnya mengandeng pihak kepolisian untuk menertibkan usaha yang tidak memiliki perijinan lengkap .
Selain itu seluruh transaksi pemerintah di daerahnya telah dikomputerisasi , dan disesuaikan dengan aturan perundang-undangan yang ada , sehingga pengelolaan keuangan darah lebih transparan .  Dari Trenggalek Nada Wianto .