DhohoTV - Sosial

Anggota Dewan Lakukan Sidak, Pasca Sengketa Petani Dengan Pihak Perkebunan Blitar

Oleh : Redaksi Kamis, 03 Nopember 2016

Keterangan : Guna menenangkan kedua belah pihak yang bersengketa, angota dewan kabupaten blitar melakukan inspeksi mendadak ke perkebunan pt rojokruwuk di gadungan. Dalam sidak tersebut, anggota dewan menghimbau,

Bagikan

Anggota DPRD Kabupaten Blitar komisi 1,  siang tadi melakukan inspeksi mendadak, ke pt rojokruwuk desa gadungan kecamatan gandusari kabupaten Blitar. Dalam pertemuan dengan pihak perkebunan, anggota dewan meminta agar pihak perkebunan mengedepankan rasa kemanusiaan, saat menyelesaikan sengketa dengan petani di desa setempat.

Sementara pihak perkebunan sendiri berdalih, sengketa antara pihak perkebunan dengan petani, karena petani tidak mau menerima lima puluh hektar yang dihibahkan dari perkebunan. Karena pihak petani meminta 350 hektar. Saat ini pihaknya juga masih mengajukan perpanjangan hgu ke bpn pusat.
Sementara, ketua komisi 1 endar suparno mengatakan, sesuai intruksi dari presiden tentang sertifikasi massal, maka pihaknya menyerukan kepada pihak perkebunan dan petani melakukan dialog secara kekeluargaan. Karena bpn tidak akan mengeluarkan perpanjangan hgu selama masih ada konflik antara perkebunan dengan petani.

Di kabupaten blitar sendiri, saat ini ada tiga lokasi yang bermasalah hgu nya, seperti di perkebunan nyunyur, perkebunan karangnongko dan perkebunan kruwuk. Diharapkan, sebelum tahun 2017, semua sengketa lahan anytara perkebunan dengan petani sudah selesai semua. Dari Blitar Moh Aji .