DhohoTV - Sosial

Pengelolaan Bumdes Tidak Jelas, Ratusan Warga Plosoarang Geruduk Kantor Desa Setempat Blitar

Oleh : Redaksi Senin, 31 Oktober 2016

Keterangan : Di duga pengelolaan dana bumdes tidak jelas dan terkesan manipulatif, ratusan warga desa plosoarang kabupaten blitar, menggeruduk kantor desa setempat. Warga menuntut kaur desa yang bertanggung jawab

Bagikan

Selain itu, warga mensinyalir proses dana bumdes yang sudah berjalan mulai dari tahun 2011 itu, terkesan amburadul. Pasalnya,  dalam management keuangan terkait laporan pertanggung-jawaban setiap transaksi maupun dalam pengembangan usaha tidak di sertai bukti-bukti transaksi yang mengindikasikan adanya dugaan penyelewengan anggaran. Dalam aksi protes ini, juga di warnai dengan penyerahan stempel dari seluruh rt maupun rw  secara simbolis kepada kepala desa setempat.  

Menurut mahendra koordinator aksi, aksi ini merupakan buntut kekesalan warga selama ini. Pasalnya, warga merasa kasus bumdes ini tidak ada penyelesaian dan solusi dari pihak pemerintah desa. Mengingat, upaya yang di lakukan warga dalam kasus ini sudah berulang kali di lakukan. Warga menuntut kaur desa yang berinisial sw mundur dari jabatannya. 

Sementara itu, jemik kepala desa setempat mengatakan, munculnya kasus bumdes ini pihaknya menyerahkan kepada ranah hukum. Menurutnya,  dalam proses hukum nantinya bisa membuktikan baik ada maupun tidak adanya kesalahan dalam pengembangan dana bumdes selam ini.
Guna menghindari kejadian yang tidak di inginkan, dalam aksi protes ini mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian. Dari Blitar Moh Aji.