DhohoTV - Sosial

Musim Hujan Harga Kebutuhan Pangan Merangkak Naik Trenggalek Jatim

Oleh : Redaksi Jumat, 28 Oktober 2016

Keterangan : Harga kebutuhan pangan disejumlah pasar tradisional di trenggalek , jawa timur , mulai merangkak naik , sejumlahkomoditas yang menga lami kenikan diantaranya cabai , bawang putih , dan bawang merah .

Bagikan

Di pasar basah trenggalek , jawa timur , harga cabai merah besar naik 12 ribu rupiah , dari sebelumnya 35 ribu rupiah per kilogram , menjadi 47 ribu rupiah per kilogram , sedangkan cabai rawit kini di jual 35 ribu rupiah , dari sebelumnya 30 ribu rupiah per kilogram .

Kenaikan harga , juga terjadi pada komoditas bawang merah , dari harga 28 ribu rupiah per kilogram menjadi 34 ribu rupiah per kilogram . Sementara itu , harga bawang putih , juga mengalami kenaikan , dari sebelumnya 28 ribu rupiah , kini naik menjadi 30 ribu rupiah perkilogram .

Salah seorang pedagang , megaku kenaikan harga komiditas bahan pangan ini , berlangsung sejak dua pekan terakhir . Lonjakan harga tidak hanya terjadi pada pedagang eceran , namun justru dari pemasok atau distributor ,kenaikan harga berlangsung sangat cepat , bahkan dalam satu hari bisa terjadi perubahan harga hingga dua kali .

Fluktuasi harga  kebutuhan pokok tersebut , di duga akibat cuaca yang tidak menentu , sehingga berpengaruh terhadap pasokan kualitas barang serta kuintitas pasokan dari para petani .

Sedangkan , untuk sejumlah komoditas lain , justru dalam kondisi stabil .seperti telur ayam ras yang kini di jual 17 ribu 5 ratus rupiah per kilogram , sayur kol di jual pada kisaran 5 ribu rupiah per kilogram . Para pedagang berharap , harga kebutuhan pangan bisa segera normal kembali , karena saat ini , lonjakan harga yang terjadi mulai mengurangi tingkat daya beli masyarakat . Dari Trenggalek Nada Wianto.