DhohoTV - Sosial

Tumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Gerakan Yoga Tulungagung

Oleh : Redaksi Kamis, 27 Oktober 2016

Keterangan : Anak berkebutuhan khusus , a-b-k , umumnya hadir di tengah-tengah masyarakat selalu menunjukkan pada ketidakmampuan mental , emosi atau fisik , sehingga kehadirannya di anggap menjadi beban mental ora

Bagikan

Di griya yoga , milik elly welli , di kelurahan kepatihan , tulungagung , jawa timur inilah , setiap dua minggu sekali , dua belas anak berkebutuhan khusus , seperti anak penderita keterlambatan mental atau down syndrome , authis , dan attention deficit hyperactivity disorder , a-d-h-d , atau gangguan kosentrasi , berkumpul untuk berlatih yoga .

Mereka dengan segala kekurangannya , datang bersama orang tuanya , maupun kerabatnya , mengikuti gerak-gerakan dasar yoga , yang paling mudah , dari instruktur yoga . Tidak hanya mengikuti gerakan yoga , namun anak berkebutuhan khusus ini , dua bulan sebelum mengikuti yoga , kondisinya memperihatinkan , juga dibacakan cerita anak-anak , dongeng , bernyanyi , maupun di ajak bermain-main , sehingga konsentrasi mereka dapat terfokus , nyaman dan rileks .

Untuk gerakan-gerakan yoga , yang diterapkan kepada anak berkebutuhan khusus ini , tidak sama dengan orang-orang yang normal , karena masing-masing dari mereka tidak mempunyai kemampuan yang sama , sehingga gerakan-gerakan yoga yang diberikan disesuaikan dengan kemampuan anak .

Hanya saja ada metode khusus yang disampaikan , yakni dengan ketulusan dan cinta , serta menyetarakan diri dengan mereka , melalui kontak mata dan isyarat dalam berkomunikasi , sehingga mereka dapat mengikuti semua gerakan dalam latihan yoga .

Dengan berlatih ataupun terapi yoga ini , anak-anak berkebutuhan khusus ini , dapat melatih kelenturan tubuh , konsentrasi , dan keseimbangan emosi , sehingga tercapai ketenangan batin mereka , serta membangkitkan rasa percaya diri .

Meski selama 2 bulan mengikuti terapi yoga , hasilnya belum maksimal , namun menurut salah seorang , orang tua yang anaknya mengindap down syndrome , telah terjadi perubahan pada diri anaknya . Kini anaknya , sebelum mengikuti terapi yoga , jika tidur malam hari suka menggigau , kini mulai berkurang , rasa manja terhadap orang tuanya , juga berkurang , dan kini anaknya telah mampu berjalan serta berdiri secara tegak .

Selama proses terapi yoga ini , dari 12 anak yang terapi , elly welli , merasa optimis akan berubah tahap demi tahap , menjadi lebih baik , dan berempati penuh cinta dalam kehidupan sehari-hari , akan membawa perkembangan yang baik , sebab anak-anak berkebutuhan khusus ini , tidak suka melakukan kegiatan dengan paksaan , karena mereka sama seperti orang normal , yang memiliki ego . Dari Tulungagung , Nada Wianto .