DhohoTV - Sosial

Puluhan Orang Dengan Potensi Sar , Ikuti Pelatihan Water Rescue Di Waduk Wonorejo Tulungagung

Oleh : Redaksi Kamis, 27 Oktober 2016

Keterangan : Puluhan orang dengan potensi sar , dari berbagai kalangan , di wilayah kerja kantor pos basarnas trenggalek , mengikuti pelatihan water rescue , di waduk wonorejo tulungagung , jawa timur . Pelatihan

Bagikan

Tingginya potensi bencana alam di wilayah kerja kantor pos basarnas trenggalek , jawa timur , yang mencakup wilayah magetan , ngawai , madiun , nganjuk , kediri , blitar , tulungagung , trenggalek , ponorogo , dan pacitan , membuat basarnas menggelar  , atau atau cara pemindahan korban dari perairan , di waduk wonorejo , desa wonorejo , kecamatan pagerwojo , tulungagung , selama 4 hari berturut-turut .

Pelatihan water rescue ini , diberikan kepada 71 orang dengan potensi sar dari berbagai daerah , dan kalangan , seperti b-p-b-d , tagana , t-n-i , kelompok darwis , satpol p-p , ormas , serta kalangan profesional swasta . Selama 4 hari tersebut , peserta pelatihan diberikan berbagai macam teori dan praktek , penanganan pemindahan korban dari perairan .

Dalam meteri water recue tersebut , diantaranya pertolongan pertama terhadap korban tenggelam diperairan , mengevakuasi korban tenggelam ke perahu boat , pengoperasian perahu boat , serta melakukan ketahanan fisik di dalam air , para peserta pelatihan diharuskan menguasainya , sehingga saat terjadi bencana banjir ataupun orang tenggelam , menjadi orang pertama yang menangani , sebelum kedatangan tim sar .

Di jawa timur sendiri , hampir 70 persen dari 38 kabupaten dan kota , berpotensi terjadi bencana alam , sehingga pelatihan ini perlukan dilakukan , dan diharapkan disetiap daerah dengan potensi sar , memiliki personil yang terampil serta tangkas , menangani berbagai macam korban bencana alam . Dari Tulungagung, Nada Wianto .