DhohoTV - Sosial

Setengah Tahun Nelayan Trenggalek Alami Paceklik Ikan Trenggalek Jatim

Oleh : Redaksi Selasa, 18 Oktober 2016

Keterangan : Ribuan nelayan yang beroperasi di perairan selatan trenggalek , jawa timur , mengalami paceklik tangkapan ikan , selama setengah tahun terakhir . Kondisi cuaca buruk dan gelombang tinggi , memaksa nel

Bagikan

Musim paceklik ikan , sudah mulai dirasakan para nelatan yang beroperasi di wilayah pesisir selatan , kabupaten trenggalek , jawa timur , sejak bulan mei yang lalu , sebagian besar nelayan memilih untuk tidak malut . Seluruh kapal yang biasa digunakan hanya disandarkan di pelabuhan perikanan nusantara , p-p-n , prigi .

Salah seorang nelayan , mengaku sepinya tangkapan ikan nelayan ini , diakibatkan oleh gelombang tinggi , serta cuaca buruk diperairan samudera hindia . Menurut nelayan , kondisi cuaca buruk , sangat berbahaya untuk pelayaran , karena gelombang di tengah laut mencapai lebih dari 4 meter .
 
Saat ini , para nelayan lebih memilih untuk melakukan perbaikan kapal , dan alat tangkap , dan selama setengah tahun terakhir , para nelayan hanya dua hari mengalami panen ikan , yakni setelah larung sesaji sembonyo , serta  satu bulan yang lalu .

Musim paceklik ikan mulai mengganggu perekonomian nelayan , karena sebagian besar tidak memiliki pekerjaan lain . Untuk menambah penghasilan , sejumlah nelayan beralih pekerjaan menjadi petani hutan dan  buruh bangunan .

Selain berpengaruh terhadap perekonomian nelayan , sepinya tangkapan ikan menyebabkan pendapatan retribusi daerah anjlok , karena tidak ada aktivitas pedagangan , dan pelelangan ikan . Dari Trenggalek Nada Wianto .