DhohoTV - Sosial

Perkemahan Tingkat Nasional Digelar Di Bumi Perkemahan Serut Untuk Menyambut Hari Sumpah Pemuda Blitar

Oleh : Redaksi Selasa, 18 Oktober 2016

Keterangan : Perkemahan tingkat nasional (pertinas) digelar di bumi perkemahan serut kabupaten blitar .

Bagikan

Dalam pertinas tersebut, diawali dengan deklarasi bhineka tunggal ika, sebagai pemersatu bangsa indonesia, sekaligus menyambut hari sumpah pemuda.

Bertempat di bumi perkemahan serut kabupaten blitar, dilaksanakan perkemahan tingkat nasional (pertinas). Acara diawali dengan deklarasi bhineka tunggal ika, sebagai lambang pemersatu seluruh bangsa indonesia, sekaligus untuk memperingati hari lahirnya sumpah pemuda, yang dipelopori soekarno.

Dalam pertinas tersebut, selain dihadiri oleh wakil gubernur jawa timur, pengurus pertinas pusat, juga bupati dan wakil bupati blitar, serta forpimda dari jajaran samping.selanjutnya, pertinas dibuka oleh wakil gubernur jawa timur, dengan memberikan pita kepada beberapa peserta pramuka, dan juga menabung kendang bersama pengurus pertinas pusat. Usai dibuka, kembali diperagakan atraksi tarian masal dan atraksi pencak silat, yang pesertanya dari para pramuka itu sendiri. Dalam atraksi pencak silat, diperagakan memecah balok es, dan beton. Bupati blitar, rijanto mengatakan, sengaja menggelar pertinas di bumi bendungan serut, karena letaknya sangat strategis. Karena pertinas mampu memberikan pendidikan karakter sesuai dengan intruksi presiden jokowi.

Wakil gubernur jawa timur, syaifulloh yusuf mengatakan, kegiatan pertinas ini, untuk menanamkan pendidikan karakter sejak dini kepada para pelajar. Selain memberikan jiwa nasionalisme dan cinta tanah air, sesuai dengan isi sumpah pemuda, yang dilahirkan oleh para pemuda, dibawah kepepimpinan bung karno.

Pertinas yang dilaksanakan di bumi perkemahan serut kecamatan sutojayan kabupaten blitar ini, sudah yang kelima kalinya, termasuk baru pertama-kali di jawa timur. Diharapkan, dengan pertinas ini, mampu menumbuhkan persatuan dan kesatuan pada generasi muda, khususunya pramuka.Dari Blitar, Moh Aji .