DhohoTV - Sosial

Puluhan Nelayan Ikuti Balap Dayung Tradisional Trenggalek Jatim

Oleh : Redaksi Senin, 17 Oktober 2016

Keterangan : Puluhan nelayan tradisional , mengikuti lomba balap dayung tradisional di pelabuhan perikanan nusantara , p-p-n , prigi , kabupaten trenggalek , jawa timur . Nelayan yang biasanya disibukkan dengan m

Bagikan

Lomba balap dayung ini , di gelar di pelabuhan perikanan nusantara , p-p-n , prigi , kecamatan wayulimo , kabupaten trenggalek , jawa timur .  Yang menarik , lomba yang biasanya diikuti oleh para atlet profesional dayung , kini justu diikuti oleh para nelayan yang biasanya mencari ikan disekitar pelabuhan , maupun di tengah .
Meskipun para pesertanya nelayan , namun standar keselamatan tetap mendapat perhatian dari panitia lomba dayung tradisional  . Sebelum mengikuti berlombaan , para peserta harus mendapatkan pengecekan medis , untuk mengetahui kondisi fisik dan kesehatannya , dan setiap peserta juga harus memakai alat pelampung .

Dalam lomba balap dayung ini , perahu yang digunakan adalah jenis kunting , perahu mirip kano ini , biasanya di pakai nelayan  untuk memancing ikan di kawasan teluk prigi dan sekitarnya .

Bendera start pun dikibarkan ,  dengan semangat tinggi para perserta , saling beradu kecepatan , dan ketangkasan untuk melibas  lintasan lurus sepanjang 200 meter . Peserta yang berhasil menjadi jawara , mendapatkan hadiah uang pembinaan senilai jutaan rupiah dari panitia lomba .

Diharapkan , adanya lomba balap dayung tradisional di pantai prigi ,  dapat menjadi wahana wisata baru disekitar pantai prigi dan pasir putih .
Sementara itu , sejumlah nelayan menyambut baik , adanya lomba balap dayung khusus nelayan  , karena bisa dimanfaatkan sebagai hiburan di saat tangkapan ikan sedang sepi , serta dapat berolahraga di air .

Lomba yang baru pertama kali digelar ini , tak urung juga mendapatkan antusiasme dari ribuan warga lokal maupun luar daerah , karena mereka jarang sekali melihat lomba sejenis yang khusus diperuntukan bagi kaum nelayan , yang jago mengarungi samudra , serta piawai menaklukkan keganasan ombaklaut  .Dari Trenggalek , Nada Wianto.