DhohoTV - Sosial

Lestarikan Dan Kembangkan Makanan Khas Daerah , Bakorwil Madiun Gelar Festival Makanan Tradisional Tulungagung

Oleh : Redaksi Rabu, 05 Oktober 2016

Keterangan : Untuk melestarikan dan mengembangkan makanan khas daerah kepada generasi muda , badan koordinator wilayah , bakorwil , satu madiun , jawa timur , menggelar menggelar festival makanan khas daerah di tu

Bagikan

Maraknya invasi , serta mudah ditemuinya makanan dan minuman dari luar negeri yang masuk ke indonesia , yang kebanyakan dalam bentuk siap saji dan instan , dan belum tentu terjamin kesehatannya bagi tubuh kita , yang saat banyak di kenal masyarakat tertutama generasi muda , membuat bakorwil satu madiun , jawa timur , menggelar fesitval makanan khas daerah di pendopo kongas arum kusumaning bongso tulungagung .

Dalam festival makanan tradisional ini , setiap kabupaten dan kota dilingkungan bakorwil satu madiun , yakni tulungagung , kabupaten dan kota blitar , nganjuk , kabupaten dan kota madiun , ponorogo , ngawi , pacitan , dan kabupaten trenggalek , menyajikan makanan dan minumannya masing-masing , yang telah di beri sentuhan inovasi baru , serta cita rasa yang disesuikan dengan perkembangan jaman .

Festival makanan khas daerah ini , di gelar oleh bakorwil madiun , juga bukan tanpa tujuan , karena untuk melestarikan dan mengembangkan makanan khas yang dimiliki masing-masing daerah , di tengah-tengah masyarakat , yang selama ini kehadirannya mulai tergeser dengan makanan modern . Bahkan makanan tradisional , saat ini mulai jarang ataupun malah sulit untuk memperolehnya , yang menyebabkan para generasi muda tidak tahu akan makanan tradisional dari daerahnya sendiri .

Diharapkan makanan dan minuman khas daerah ini , dapat menjadi pilihan utama bagi masyarakat untuk memilih menu makanan , sehingga setidaknya dapat menahan invasi makanan luar negeri masuk ke indonesia . Serta makanan khas daerah di indonesia , dapat berbicara di kancah internasional , serta dapat menjadi pilihan destinasi wisata kuliner , jika wisatawan asing berkunjung ke indonesia .

Sementara itu , untuk kabupen tulungaung , dalam festival makanan khas daerah ini , menampilkan kuliner andalannya , yakni sompil , atau lontong sayur , yang tentunya makanan tersebut , kini mulai muncul kembali di tengah-tengah masyarakat . Namun ironisnya makanan sompil ini , hanya dapat ditemui di warung-warung tradisional , ataupun pedagang p-k-l , yang terkesan sebagai makanan kalangan kelas menengah kebawah .

Rencananya , festival kuliner ini , akan di gelar setiap tahun , dan diharapkan setiap kabupaten dan kota di wilayah kerha bakorwil satu madiun , dapat menyajikan makanan khasnya yang berbeda , sehingga dapat memperkaya khasanah kuliner khas daerah di jawa timur .Dari Tulungagung Nada Wianto .