DhohoTV - Sosial

Hujan Deras Akibatkan Tebing Setinggi Tujuh Meter Longsor Dan Timpa Dua Rumah Warga Blitar

Oleh : Redaksi Selasa, 04 Oktober 2016

Keterangan : Hujan deras sejak kemarin, akibatkan tebing setinggi tujuh meter di kabupaten blitar, jawa timur longsor, dan menimpa dua ruah warga. Satu rumah rusak parah, karena dindingnya jebol, dan rumah lainna

Bagikan

Inilah rumah wagito 60 tahun, warga desa gadungan kecamatan gandusari kabupaten blitar, yang dini-hari tadi diterjang longsor.  Dinding ruang tamu jebol, dan material tanah masuk ke dalam rumah. Dinding ruang tamu milik wagito jebol semua, sehingga menyebabkan atap rumah harus diberi penyangga dari bambu.

Bahkan, kamar depan wagito juga jebol akibat tertimpa longsor, dari tebing di belakang rumah setinggi tujuh meter.  Beberapa warga dan perangkat desa, langsung bergotong-royong untuk membantu korban longsor. Warga membersihkan material tanah bercampur lumpur, yang masuk ke dalam rumah milik wagito.

Wagito mengaku, sejak sore wilayah gandusari diguyur hujan lebat hingga malam. Tiba-tiba terdengar suara gemuruh dari belakang rumah, dan lalu dinding ruangan tamu dan kamar depan jebol. Ia dan keluarga yang berada di kamar belang langsung lari keluar rumah.

Sementara perangkat desa gadungan, agung mengatakan, warganya yang berada di bawah tebing sebanyak lima rumah, yang terancam keselamatannya jika terjadi longsor susulan. Yakni rumah wagito, sainem, sutik, yateni dan sami. Pihaknya masih berkoordinasi dnegan kepala desa dan juga pemda, untuk merelokasi warga ke tempat yang lebih aman.
Rumah warga lainnya yang tertimpa longsor milik sainem, yang berada di depan rumah wagito. Namun, rumah sainem hanya tertimpa terasnya saja. Untuk sementara, wagita dan keluarga mengungsi di rumah sanak-famili yang lebih aman.  Dari Blitar, Moh Aji.