DhohoTV - Sosial

Banjir Bandang Terjang Dua Desa, Ratusan Rumah Terendam Banjir Tulungaggung

Oleh : Redaksi Senin, 03 Oktober 2016

Keterangan : Hujan deras yang mengguyur wilayah pegunungan sidem , di tulungagung , jawa timur , mengakibatkan sebuah sungai tidak mampu lagi menampung debit air , dan menyebabkan banjir bandang yang menerjang dua

Bagikan

Banjir bandang akibat luapan sungai sengon , terjadi pada minggu malam , menerjang dua desa , yakni desa notorejo ,  dan desa sidem kecamatan gondang , kabupaten tulungagung , jawa timur . Akibatnya . Ratusan rumah di desa notorejo terendam air , di beberapa lokasi dengan kedalaman air mencapai 1 meter .

Dalam kurun waktu kurang dari satu bulan , kawasan ini telah dua kali di terjang banjir bandang , dalam kurun sepekan terkahir . Warga menduga , banjir di picu adanya pembangunan dam sungai sengon , yang kurang tepat , sehingga air tidak dapat mengalir dengan lancar , saat hujan deras , dan menyebabkan sungai tidak mampu menampung debit air , serta mengikis tanggul , sehingga air  meluap dan merendam pemukiman warga .

Beruntung tidak menimbulkan korban jiwa , dalam musibah banjir kali ini , namun banjir memaksa sejumlah warga yang rumahnya terendam banjir , mengungsi ketempat yang lebih aman . Bahkan nampak , sejumlah warga membuat penghalang dari papan , dan batang pisang , yang di pasang di depan pintu rumah , agar air tidak masuk kedalam rumah .

Sementara itu , banjir yang menerjang desa sidem , mengakibatkan sejumlah bangunan rumah warga roboh . Derasnya aliran air di sungai sengon ini , mengikis bantaran sungai , dan mengakibatkan sebagian bangunan rumah , serta sejumlah kandang ternak milik warga , roboh dan hanyut terbawa banjir . Sehingga sejumlah hewan ternak kambing milik warga , yang tidak sempat diselamatkan , ditemukan mati di bawah reruntuhan kandang . Dari Tulungagung , Nada Wianto .