DhohoTV - Sosial

Jelang Tahun Baru Islam 1 Muharam Ratusan Warga Gelar Pawai Obor Keliling Kampung Tulungagung

Oleh : Redaksi Senin, 03 Oktober 2016

Keterangan : Merayakan malam pergantian tahun islam , 1 muharam 1438 hijriyah , ratusan warga di tulungagung , jawa timur , menggelar pawai obor keliling kampung . Meski di tengah guyuran hujan ,para peserta , mu

Bagikan

Tidak seperti malam-malam biasanya , pada malam tahun baru islam , 1438 hijriyah ini , suasana dusun kedungjalin , desa junjung , kecamatan sumbergempol , kabupaten tulungagung , jawa timur , mendadak gelap gulita , lampu penerangan jalan padam , dan digantikan dengan ribuan cahaya lampu minyak yang terpasang di sepanjang jalan .
Bukan karena rusak , tetapi lampu penerangan jalan memang sengaja dipadamkan , karena untuk merayakan malam pergantian tahun baru islam ini , dan warga setempat menggelar pawai obor keliling kampung . Meski dalam kondisi di guyur hujan , namun ratusan warga , mulai dari anak-anak hingga orang dewasa , sangat antusias mengikuti pawai obor yang baru pertama kali di gelar di kampung mereka .

Dengan membawa obor , ratusan peserta pawai berjalan kaki berkeliling kampung , sambil diiringi alunan musik tradisional patrol calung . Suasana gelap dengan kerlap kerlip ribuan cahaya obor di sepanjang jalan , menjadikan suasana desa junjung berubah eksotis , dan seakan kembali berada di masa lalu sebelum ada penerangan listrik .
Tak pelak acara pawai obor ini , menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat setempat , ratusan warga berjajar di sepanjang rute , sejauh kurang lebih 3 kilometer , untuk menyaksikan pawai obor . Pawai obor malam 1 suro ini , berakhir di bukit cilik , dengan di sambut alunan musik tradisional jedhor , dan pesta kembang api .

Ketua panitia pawai obor , seno prawoto , mengatakan pawai obor ini , di gelar untuk menggali , dan membangkitkan kembali budaya yang telah lama menghilang . Sebelumnya , pada sore hari , masyarakat setempat juga menggelar selamatan takir plontang , bertujuan , untuk memanjatkan doa kepada tuhan yang maha kuasa , agar warga desa , terhindar dari segala marabahaya , dan di beri rejeki yang melimpah . Dari Tulungagung , Nada Wianto .