DhohoTV - Sosial

Antisipasi Temuan Dalam Spj, Bpk Pusat Berikan Pemahaman Dan Pengertian Pengelolaan Spj Blitar

Oleh : Redaksi Jumat, 30 September 2016

Keterangan : Antisipasi temuan dalam pengelolaan spj dana desa, badan pemeriksa keuangan (bpk pusat) , memberikan sosialisasi tentang pemahaman pengelolaan dana desa, kepada ratusan kepala desa se-kabupaten blita

Bagikan

Bertempat di kampung coklat,  desa plosorejo kecamatan kademangan kabupaten blitar,  digelar pemantapan pemahaman pengelolaan dana desa, yang diadakan oleh badan pemeriksa keuangan (bpk pusat) , kepada sekitar 440 kepala desa dan bendahara desa se-kabupaten blitar.

Selain itu,  acara tersebut,  juga dihadiri anggota dpr ri,  yang akan ikut mengawal dan mengawasi laporan spj dana desa.  Selain kepala desa,  bendahara desa yang bertugas untuk membuat laporan spj tentang pengelolaan dana desa, juga diberikan tentang tata-cara pembuatan spj yang benar dan tidak menyalahi aturan.

Salah-satu anggota bpk pusat, moermahadi soerya menyatakan,  pihaknya akan memonitor dan mengawasi laporan pertanggung-jawaban dana desa. Karena tugas pokok dari bpk adalah,  memeriksa semua laporan penggunaan uang, baik pusat, daerah termasuk bumn dan bumd.

Sementara, kepala bapemas kabupaten blitar mengatakan, terkait petugas pendamping merupakan kewenangan propinsi. Pihaknya selama ini,  intensif melakukan bimtek dan pelatihan-pelatihan kepada perangkat desa,  guna membuat laporan spj yang benar dan sesuai dengan aturan.
Untuk tahun 2016 ini, dana desa yang periode pertama sudah masuk, dan kemungkinan periode kedua akan turun pada bulan oktober mendatang.  Dari Blitar Moh Aji.