DhohoTV - Sosial

Peringati Hari Tani, Ratusan Petani Aksi Damai Tuntut Reformasi Agraria Blitar

Oleh : Redaksi Kamis, 29 September 2016

Keterangan : Memperingati hari tani nasional, ratusan petani di kabupaten blitar, jawa timur menggelar aksi damai di perempatan lovi, menuntut agar pemerintah daerah segera melaksanakan intruksi presiden jokowi

Bagikan


Ratusan petani yang tergabung dalam front perjuangan petani mataraman blitar (fppm)  siang tadi menggelar aksi damai di perempatan lovi kota blitar, menuntut pemerintah daerah dan bpn kabupaten blitar, segera melaksanakan intruksi presiden jokowi, untuk mempercepat pengurusan sertifikat tanah massal.

Massa juga membawa berbagai poster tuntutan,  seperti pemerintah daerah kurang kooperatif menangani masalah tanah,  hilangkan kriminalisasi terhadap petani, tanah untuk rakyat harga mati,  selesaikan konflik agraria, dan gantung mafia tanah.

Massa juga meneriakkan yel-yel, yang isinya menuntut reformasi tanah untuk rakyat miskin harga mari, dalam orasinya,  pemerintah daerah dituntut segera melaksanakan intruksi presiden, untuk pengurusan tanah dengan target lima juta sertifikat setiap tahunnya.

Di kabupaten blitar sendiri,  banyak sekali konfik agraria yang melibatkan pihak pekebunan dengan petani,  baik itu perkebunan swasta maupun perkebunan negara.  Di antaranya, perkebunan nyunyur, perkebunan gondang tapen, perkebunan swaru buluroto, dan perkebunan soso. Total tanah yang masih sengketa mencapai dua belas ribu hektar lebih.

Usai menggelar aksi damai di perempatan lovi,  massa rencananya akan menuju ke kantor pemkab blitar, guna menyampaikan tuntutannya. Dari Blitar Moh Aji .