DhohoTV - Sosial

Perajin Minuman Coklat Khas Tulungagung Meraup Omzet 50 Juta Per Bulan Tulungagung

Oleh : Redaksi Kamis, 29 September 2016

Keterangan : Saat ini , coklat menjadi minuman , ataupun kudapan yang digemari semua kalangan usia , yang dapat dinikmati kapan saja , dan berawal dari hobi , mencoba resep memasak coklat , seorang ibu rumah tangg

Bagikan

Munculnya beragam macam bisnis minuman , ternyata tak menyurutkan semangat herliana rahmawati , untuk ikut meramaikan persaingan pasar di ladang usaha yang satu ini . Mengawali usahanya pada awal tahun 2015 , ibu rumah tangga , warga jalan wahid hasim , tulungagung , jawa timur ini , mencoba merintis bisnis minuman coklat dengan mengusung , nyokolate factory , sebagai brand produknya .

Mendapatkan inspirasi bisnis dari hobi pribadinya yang menyukai minuman coklat , herliana , mengaku bahwa motivasi utamanya dalam merintis usaha , ingin membuat produk minuman coklat khas tulungagung , dengan harga yang bisa di jangkau semua kalangan masyarakat .

Mengingat sebelumnya herliana telah jatuh hati pada minuman serba coklat , tak sulit bagi ibu rumah tangga ini , untuk mewujudkan ide bisnisnya . Pertama kali membuka bisnis minuman coklat dengan dua outlet , dan lambat laun usahanya semakin berkembang .

Ada sebelas varian rasa minuman cloklat yang ditawarkan herliana , pada konsumennya , diantaranya coklat kacang , coklat susu , coklat strawberry , dan coklat original , namun yang paling laris , adalah coklat original . Di pasaran , minuman coklat ini di jual 6 ribu hingga 7 ribu rupiah per gelasnya .

Untuk membuat minuman coklat yang berkualitas , herliana , sangat memperhatikan bahan baku , dan porsi takaran gula , susu , choklat dan krimmer , hingga menghasilkan racikan minuman colat yang enak , dan berbeda dengan minuman coklat yang lain .

Selama ini , pemasaran munuman coklat , mengandalkan pemasaran promo berkala di social media untuk membidik segmen pasar yang lebih luas . Terbukti , strategi pemasaran yang ia jalankan memberikan dampak yang cukup besar bagi pertumbuhan bisnis minuman coklat yang tengah ia jalankan , dan rata–rata omset penjualanya mencapai 50 juta per bulan .

Saat ini , bisnis herliana , semakin berkembang serta mampu mempekerjakan belasan karyawan tetap untuk membantu produksi , dan pemasaranya . Setiap bulannya , kapasitas produksi coklat lebih dari ribuan cup , dan menghabiskan 5 kuintal bubuk coklat sebagai bahan baku utamanya .

Herliana , berharap kedepannya bisa membuka cabang , atau mitra , dan mempopulerkan minuman cokelat khas tulungagung , sebagai minuman coklat cepat saji asli indonesia , yang mampu bersaing dengan produk-produk global , dan produk waralaba asing lainnya . Dari Tulungagung , Nada Wianto .