DhohoTV - Sosial

Kopi Mangrove , Kopi Alternatif Kaya Akan Manfaat Bagi Kesehatan Tulungagung

Oleh : Redaksi Senin, 26 September 2016

Keterangan : Berkat kejelian melimpahnya sumber daya alam , s-d-a , dilingkungan sekitarnya , dan upaya melakukan kreativtas panganekaragaman pangan , seorang pemuda di tulungagung , jawa timur , berkreativitas me

Bagikan

Berawal dari rasa keprihatinannya , melihat hamparan hutan bakau , atau rhizophora mangle , yang di kenal sebagai hutan mangrove , yang melimpah , nyaris tidak dapat dimanfaatkan , selaian sebagai tanaman pelindung dari hempasan gelombang laut , serta semakin terpuruknya perekonomian warga nelayan di pantai sine , desa kalibatur , kecamatan kalidawir , tulungagung , jawa timur , dampak dari anomali cuaca yang berkelanjutan , membuat ikbar salim al asyari , pemuda desa karangtalun , yang letaknya tak jauh dari pantai sine , berkreativitas membuat kopi mangrove , bebas kafein .  

Di bantu ketiga rekannya , ikbar , mengolah bagian daging buah mangrove , yang terdapat di pangkal tangkai , menyerupai jambu monyet , di petik masih kelihatan muda , karena untuk memudahkan saat di belah , dan di iris . Untuk bisa di olah menjadi kopi , buah mangrove di belah untuk mengeluarkan biji dididalamnya , sedangkan daging buah , di iris tipis tipis , yang kemudian di cuci untuk menghilangkan getahnya , dan di jemur hingga kering .

Setelah 2 hingga 3 hari di jemur , irisan buah mangrove yang telah kering , dapat langsung di sangrai menggunakan penggorengan dari tanah liat , seperti proses pembuatan kopi pada umumnya . Namun proses mengsangrai kopi mangrove lebih singkat , dengan api yang konstan , hanya membutuhkan waktu sekitar 40 menit , dan kopi mangrove sudah matang , ditandai dengan warnanya yang coklat kehitaman .
Saat kopi mangrove , masih hangat , kopi tersebut di tumbuk atau di giling , untuk menghasilkan bubuk kopi mangrove , yang siap di sedu dan disajikan . Untuk menambah cita rasa , kopi mangrove buatan ikbar ini , di campur dengan rempah-rempah , berupa jahe , dan cabe jawa , serta bahan lain seperti gula merah , coklat , dan gula pasir .
Kopi mangrove yang di beri label kopi mangrove segara ini , dan di kemas seberat 25 gram , di jual dengan harga 3 ribu rupiah per bungkus . Tidak hanya bebas kafein saja , kopi mangrove produk ikbar ini , memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh kita , diantaranya dapat menjadi obat diare , menjaga imunitas , atau kekebalan tubuh , serta dapat menambah vitalitas tubuh kita .

Buah kreativitasnya tersebut , kini ikbar , mendapat kesempatan mengikuti program pertukaran pelajar ke amerika serikat , bahkan ikbar , mendapat bea siswa mengikuti perkuliahan intensif selama dua bulan di universitas nebraska omaha , serta di beri kesempatan untuk mempresentasikan produknya dihadapan para investor , di negeri barack obama . Dari Tulungagung Nada Wianto .