DhohoTV - Sosial

Ratusan Mahasiswa Gelar Refleksi Hari Tani Dengan Mimbar Bebas Kediri

Oleh : Redaksi Rabu, 21 September 2016

Keterangan : Ratusan mahasiswa institut agama islam tribakti, i-a-i tribakti, kota kediri, mengelar refleksi hari tani dengan menggelar mimbar bebas di bawah patung pahlawan sudanco supriyadi, pahlawan peta.

Bagikan

Hari tani yang jatuh pada tanggal 24 september mendatang, diperingati oleh sekitar 300 mahasiswa i-a-i tribakti, dengan megelar refleksi di bawah patung pahlawan peta, sudanco supriyadi di kota kediri.

Dalam orasinya mahasiswa menyerukan kepada pemerintah untuk melindungi petani dengan menghentikan impor produk peranian sperti padi,  jagung,  bawah merah, dan produk pertanian lainya, sebab akan mematikan petani lokal,  karena harga barang lokal akan jatuh.

Pemrintah juga bisa mengendalikan penyempitan lahan pertanian untuk dibangun pabrik, dan tempat-tempat perekonomian lain seperti mall, dan toko swalayan, yang jelas merugikan petani.

Selain mengelar orasi, mahasiswa juga mengelar theatierikal, yang menggambarkan petani selalu kesulitan mendapatkan pupuk saat musim tanam akibat ulah kapitalis, yang memainkan harga pupuk, sementara saat panen harga produk petani lokal jatuh. Aksi ini mendapat pengawalan ketat oleh petugas kepolisian. Dari Kediri Habibul Muntaha.