DhohoTV - Sosial

Kasus Sengketa Media Di Dewan Pers Terus Meningkat Trenggalek

Oleh : Redaksi Rabu, 14 September 2016

Keterangan : Kasus sengketa pemberitaan yang dilaporkan ke dewan pers terus mengalami peningkatan , bahkan dewan pers menilai kasus sengketa media saat ini , semakin serius karena menyangkut hal dasar dalam jurnal

Bagikan

Anggota dewan pers , imam wahyudi , saat jumpa pers di trenggalek , jawa timur , mengungkapkan , selama 6 bulan terakhir , pihaknya telah mengeluarkan lebih dari 10 rekomendasi , yang menyatakan media teradu dinyatakan tidak profesional , karena cenderung melanggar kode etik jusralistik .

Pelanggaran jurnalistik ini , berbeda di banding pada beberapa tahun sebelumnya , dari catatan dewan pers , pada tahun 2013 hingga 2016 , pihaknya hanya mengeluarkan sekitar 10 rekomendasi yang menyatakan media teradu tidak profesional.

Beberapa pelanggaran yang terjadi di nilai semakin serius karena menyangkut hal dasar dalam dunia jusnalistik , yakni pemberitaan yang tidak terverifikasi , atau berita bohong dan keberimbangan berita .

Saat ini , pihak dewan pers berusaha menyelesaikan setiap laporan dugaan pelanggaran pemberitaan melalui jalur mediasi , dan dilakukan penyelesaikan menggunakan hak jawab dan permintaan maaf . Namun apabila dalam penilaian dinyatakan tidak profesional , dewan pers menyerahkan sengketa kasus tersebut untuk dibawa keranah hukum . Dari Trenggalek Nada Wianto  .