DhohoTV - Sosial

Tebing Gunung Kelud Setinggi 50 Meter Longsor, Pekerja Tambang Tertimbun Blitar

Oleh : Redaksi Selasa, 13 September 2016

Keterangan : Seorang warga tertimbun lonsoran tebing setinggi lima puluh meter di lereng gunungkelud , kabupaten blitar senin pagi. Proses evakuasi menuai kendala, struktur tanah yang mudah longsor, sehingga petug

Bagikan

Inilah tebing setinggi lima puluh meter, di aliran lahar dingin gunung kelud, sungai kaliputih desa karangejo kecamatan garum kabupaten blitar yang longsor. Akibat longsoran ini, seorang warga yang sedang mengangkut pasir tertimbun bersama truk yang ia kemudikan.

Korban adalah samsul, pemuda 2o tahun warga desa ringinpitu, kecamatan kedungwaru, kabupaten tulungagung. Korban datang mencari pasir untuk dijual kembali di desanya. Namun naas bagi samsul, saat hendak pulang, ia justru tertimbun longsoran tanah bercampur pasir .

Proses evakuasi yang dilakukan oleh petugaspun menuai kendala,  karena stuktu tanah yang labil. Petugas tidak berani menggunakan alat berat, karena dikhawatikan getaran alat berat dapat menimbulkan longsor susulan. Upaya yang dilakukan oleh petugas, yakni dengan membendung air dan mengalikan ke arah gundukan material tanah. Selain itu, proses evakuasi juga terkendala cuaca puncak gunung kelud yang sewaktu-waktu turun hujan.

Sementara itu, pihak kepolisian polres blitar, saat ini tengah melakukan koordinasi dengan dengan semua pihak seperti bpbd dan basarnas, terkait proses pencarian korban.

Pihak kepolisian sedang memintai keterangan beberapa saksi, termasuk kakak korban yang juga mengakut pasir dan ada di belakang korban saat longsor tejadi. Pihak kepolisian juga menutup sementara lokasi tambang, untuk memudahkan proses evakuasi. Dari Blitar Moh Aji .