DhohoTV - Sosial

Libur Panjang Idul Adha, Wisata Alam Ranu Gumbolo Ramai Dikunjungi Wisatawan Tulungagung

Oleh : Redaksi Senin, 12 September 2016

Keterangan : Libur panjang hari raya idul adha , sebuah tempat wisata yang baru di buka beberapa bulan lalu , wisata alam ranu gumbolo di tulungagung , jawa timur , menawarkan obyek wisata panorama air waduk , yan

Bagikan

Rintisan wanawisata ranugumbolo seluas 2 hektar di kawasan hutan petak 58-e di dusun bantengan , desa mulyosari , kecamatan pagerwojo , tulungagung , jawa timur , yang masuk wilayah k-p-h kediri , pada libur panjang hari raya idul adha kali ini , ramai dikungjungi wisatawan dari berbagai daerah di jawa timur .
Wisata alam ranugumbolo ini , yang di kelola oleh perum perhutani k-p-h kediri bersama lembaga masyarakat desa hutan , l-m-d-h , rimba raya desa mulyosari , menawarkan pesona panorama air waduk , hutan pinus , dan arena pemancingan di waduk wonorejo , yang baru di buka beberapa waktu lalu , ternyata mampu memikat para pengunjung . Setiap hari , dan libur akhir pekan , pengunjung yang datang di ranugumbolo ini , rata-rata 50 orang , sedangkan pada liburan idul adha , meningkat hingga 4 kali lipat , yakni sekitar 200 pengunjung .

Tidak hanya itu , kini pengunjung setiap datang ke wisata ranugumbolo ini , semakin dimanjakan dengan didirikan rumah pohon , sehingga pengunjung dapat melihat ranugumbolo dari ketinggian . Bahkan rumah pohon ini , menjadi spot favorit , jika berkunjung ke ranugumbolo , dan selain itu , pihak pengelola juga menyediakan persewaan hammock , atau ayunan dari kain , di mana pengunjung sambil tiduran , dapat nikmati kesejukan hutan pinus .

Menurut joko utomo , kepala resor pemangku hutan jatiwekas , bahwa nama wisata ranugumbolo sendiri , dalam penamaannya tidak ada sejarahnya , dan tidak ada hubungan , atau menjiplak , dengan nama ranukumbolo , di kaki gunung semeru , lumajang , namun yang membedakan hanya kalimat gumbolo dengan kumbolo . Hal tersebut , terjadi karena hasil jepretan foto dari para pengunjung , viewnya mirip dengan ranugumbolo di gunung semeru .

Sementara itu , menurut salah seorang pengunjung , yang tengah menikmati liburan panjang idul adha , di wisata alam ranugumbolo , yang juga pernah berkunjung ke ranukumblo , gunung semeru , bahwa keduanya memiliki pemandangan alam yang indah , dan yang membedakan , ranukumbolo , gunung semeru , pengunjung dapat menikmati matahari terbit .

Saat ini , keindahan alam wisata ranugumbolo , tidak hanya digunakan menjadi obyek foto , namun juga dimanfaatkan oleh para pemburu foto , atau fotografer , untuk foto prewedding , serta foto casual , dengan latar belakang ranugumbolo .

Anda penasaran dengan keindahan ranugumbolo , anda tidak perlu khawatir , karena jarak tempuh dengan kota tulungagung , hanya 15 kilometer , dan semua jenis kendaraan dapat langsung menuju kelokasi , bahkan setelah atau sebelum berwisata ke ranugumbolo , anda juga dapat menikamti keindahan wisata waduk wonorejo , yang hanya berjarak 1 koma 5 kilometer . Dari Tulungagung Nada Wianto .