DhohoTV - Sosial

Jelang Libur Panjang Idul Adha , Ruas Jalan Nasional Longsor Sepanjang 50 Meter Trenggalek Jatim

Oleh : Redaksi Jumat, 09 September 2016

Keterangan : Jelang libur panjang idul adha , salah satu ruas jalan nasional di trenggalek , jawa timur , longsor sepanjang 50 meter , kondisi ini , menyebabkan arus lalu lintas di dari dua arah menjadi terganggu

Bagikan


Tanah longsor ini terjadi di ruas jalan nasional durenan-prigi ,tepatnya di desa sawahan , kecamatan watulimo , kabupaten trenggalek , jawa timur , di mana tembok plengsengan yang menjadi penahan jalan ambrol , pada jumat pagi, sepanjang 50 meter . Kondisi ini  menyebabkan,sebagian badan jalan ikut terbawa lonsgor , sedangkan beberapa titik jalan , juga rawan mengalami longsor susulan , karena mulai retak-retak.

Menurut , kepala bidang angkutan jalan dinas perhubungan trenggalek , ramelan , kondisi longsor ini , terjadi setelah wilayah kecamatan watulimo, di guyur hujan ders selama beberapa jam , hal tersebut, menyebabkan air dari lereng pegunungan mengalir ke jalan raya , dan menggerus tembok penahan jalan .

Untuk menhindari kondisi yang lebih parah ,dinas perhubungan, melarang kendaraan bertonase besar melintas di lokasi longsor , mengingat sebagian badan jalan kondisinya cukup berbahaya, dan dikhawatirkan akan terjadi longsor susulan yang lebih besar .

Tanah longsor ini , berdampak langsung terhadap arus lalu lintas dari kedua arah . Polisi dibantu masyarakat memberlakukan sistem buka tutup , karena hanya satu lajur yang bisa dimanfaatkan untuk akses kendaraan . Jalan nasional ini , merupakan akses vital bagi perekonomian trenggalek , karena merupakan jalur utama ke 10 lokasi wisata .

Selain itu jalur ini juga merupakan penghubung utama ke pelabuhan perikanan nusantara, p-p-n , prigi, sehingga mengganggu arus lalu lintas menjelang libur panjang idul adha , bagi warga yang berwisata di pantai pridi .  

Sementara jalur alternatif lain , kondisinya curam dan tidak direkomendasikan untuk kendaraan dari luar kota, karena dapat mengancam keselamatan bagi pengendara bermotor .  Dari Trenggalek Nada Wianto .