DhohoTV - Sosial

Cegah Antrean , Dispendukcapil Lakukan Perekaman E-Ktp Keliling Ke Desa-Desa Tulungagung

Oleh : Redaksi Jumat, 09 September 2016

Keterangan : Untuk mencegah antrean panjang untuk mengurus kartu tanda penduduk , k-t-p , elektronik , dan surat kependudukan lainnya , dispendukcapil tulungagung , jawa timur , memaksa membawa sejumlah perangka

Bagikan

Berada di kantor kepala desa besole , kecamatan besuki , kabupaten tulungagung , jawa timur , yang berjarak sekitar 25 kilometer dari pusat ibukota kabupaten , dispendukcapil setempat , menggelar perekaman e-ktp , dan pengurunsan surat kependudukan lainnya , keliling ke desa-desa . Sehingga pihak dispendukcapil , harus membawa dua unit perangkat perekaman e-ktp secara offline , karena hingga saat ini belum memiliki mobil e-ktp keliling .

Cara yang di tempuh dispendukcapil ini , untuk menghindari antrean dan berjubelnya warga yang datang dari 19 kecamatan di tulungagung , hingga memaksa mereka datang lebih pagi , agar cepat terlayani untuk mengurus e-ktp . Bahkan mereka tak jarang harus bolak-bolak mendatangi kantor dispendukcapil , karena tiba-tiba server perekaman e-ktp online , ngadat .

Menurut kasi monitoring dispendukcapil tulungagung , suyadi , sejak beberapa hari terakhir , dispendukcapil telah melakukan perekaman e-ktp jemput bola , terhadap desa yang warganya masih banyak belum memiliki , ataupun memperbarui e-ktp . Bahkan cara ini lebih efektif , karena warga tidak merasa kejauhan , jika mendatangi kantor dispendukcapil , terutama bagi warga yang berusia lanjut , dan mempunyai keterbatasan fisik .

Sementara itu , menurut warga , dengan perekaman e-ktp keliling ini , sangat di nanti warga , dan tak urung juga menyebabkan antrean di kantor kepala desa besole , meski mereka tidak sampai berjubel , bahkan banyak dari mereka datang dari daerah lain . Sehingga untuk mendapatkan giliran perekaman e-ktp dan layanan surat kependudukan lainnya , setiap warga harus rela menunggu selama 2 jam .

Dari hasil perekaman e-ktp offline ini , setiap warga tidak perlu mendatangi kantor dispendukcapil , dan akan dibagikan kemasing-masing desa tempat perekaman e-ktp .

Saat ini di tulungagung , masih terdapat 30 ribu penduduk wajib k-t-p , yang belum melakukan perekaman data . Dari Tulungagung Nada Wianto .