DhohoTV - Sosial

Jelang Idul Adha, Petugas Dinas Peternakan Sidak Hewan Kurban blitar

Oleh : Redaksi Kamis, 08 September 2016

Keterangan : Jelang hari raya idul adha, petugas dinas peternakan kabupaten blitar, jawa timur melakukan pemeriksaan hewan kurban ke sejumlah pasar hewan yang ada di wilayah blitar. Petugas menemukan beberapa hewa

Bagikan


Satu-persatu, hewan kambing yang dijual pedagang di pasar hewan terpadu srengat kabupaten blitar, disuntik oleh petugas dinas peternakan kabupaten blitar. Hewan-hewan kambing ini, dalam kondisi sakit namun tetap dijual oleh pedagang.

Terpaksa petugas kesehatan memberi pengobatan terlebih dahulu, agar hewan kambing sehat dan layak dijadkan hewan kurban. Kebanyakan, kambing-kambing yang sakit menderita flu dan pilek, serta mata yang sakit. Selain disuntik, oleh petugas juga diberi obat tetes mata.

Selanjutnya,  petugas juga memeriksa hewan-hewan kurban lainnya, seperti kambing dan sapi, selain diperiksa kondisi luarnya, seperti gigi yang sudah tanggal, hewan-hewan yang dijual juga diperiksa kesehatannya menggunakan alat tester, untuk mengetahui suhu dan kondisi hewan ternak.

 Namun, dari semua hewan kambing yang diperiksa, semuanya dalam kondisi normal, dengan alat tester ph menunjukkan 38-39 celcius.

Menurut petugas, tujuan dilakukan sidak hewan ternak tersebut, untuk mencegah serta mengantisipasi adanya hewan ternak tidak layak dijadikan hewan kurban dijual. Meski banyak hewan sapi yang luka di bawah matanya dan dikerubuti lalat, namun luka tersebut tidak membahayakan.

Petugas dinas peternakan kabupaten blitar, rencananya akan terus melakukan kegiatan serupa, guna mencegah para pedagang nakal yang menjual hewan tidak layak untuk dijadikan kurban. Dari Blitar Moh Aji.