DhohoTV - Sosial

Penjualan Sapi Di Penggemuakan Sapi Meningkat

Oleh : Redaksi Selasa, 06 September 2016

Keterangan : Sepekan menjelang perayaan idul adha, peternak sapi, di kabupaten kediri jawa timur, mengalami peningkatan penjualan, peningkatan mencapai 30 persen, dilokasi ini peternak menyediakan sapi besar, hing

Bagikan

Dilokasi penggemukan sapi milik mualimin/ di desa karang rejo, kabupaten kediri, banyak tersedia, sapi berukuran besar.  Mulai dari 4 kwintal hingga sapi berukuran 1 ton,  dengan harga mencapai puluhan juta rupiah.

Sejak dua pekan lalu, menjelang perayaan idul adha, permintaan mengalami peningkatan hingga 30 persen yang diikuti pula dengan naiknnya harga sebesar 20 persen. Permintaan datang dari daerah sekitar maupun dari luar daerah hingga surabaya.

Hingga saat ini 50 sapi miliknya, termasuk dengan berat 1 ton laku terjual, peternak mematok harga 50 ribu rupiah untuk perkilonya, tergantung kondisi sapi.

Untuk mengemukan sapi dengan ukuran sangat besar biasanya dibutuhkan waktu hingga 6 bulan dengan perawatan yang maksimal,  perlu  selektif dalam memilih bibit sapi yang berkualitas, dan supaya sapi cepat gemuk dan sehat, pakan yang diberikan antara lain rumput hijau, campuran sisa tahu, serta ramuan fermentasi, campuran antara singkong kering, bekatul, kulit kopi, ampas sawit dan jagung. Ada beberapa jenis sapi yang dipelihara ditempat pengemukan ini, diantaranya jenis sapi brahman, sapi limosin, dan simetal.  Dari Kediri budi sutrisno.