DhohoTV - Sosial

2 kapal trawl tanpa izin ditangkap ditpolair kaltim

Oleh : Imam Riyanto Senin, 16 Februari 2015

Keterangan : Kapal yang sedang dihancurkan menteri susi similikiti

Bagikan

Nunukan - Tim Gakkum Ditpolair Polda Kalimantan (Kaltim) menangkap dua kapal trawl asal Indonesia yang menangkap ikan tanpa izin. Diduga kapal ini dimodali cukong asal Malaysia.

Demikian disampaikan Dirpolair Polda Kaltim AKBP Yassin kepada detikcom, Senin (16/2/2015). Dia menjelaskan kedua kapal itu adalah KM Rizki dan KM Wira.

"Saat kita amankan, diketahui setiap kapal memiliki dua bendara yaitu Indonesia dan Malaysia. Kapal ini kita tangkap tidak punya SIPI/Surat Ijin Penangkapan Ikan," kata AKBP Yassin.

AKBP Yassin menjelaskan, kedua kapal ini ditangkap tim pada Sabtu (14/2) sekitar pukul 22.00 WITA. Kedua kapal ini ditangkap di Karang Unarang Sebatik, Nunukan, yang berbatasan dengan Malaysia.

"Tadi siang ABK saat dilakukan pemeriksaan, bahwa sehari sebelumnya mereka dari Tawau, Malaysia," kata AKBP Yassin.

Lebih jauh AKBP Yassin menjelaskan, KM Rizki pemiliknya bernama Amirullah asal Makassar. Dalam kapal itu ditemukan 200 kg jenis ikan campuran.

Untuk KM Wira, lanjutnya, pemilik kapal bernama Mustang dengan muatan ikan campuran sekitar 100 kg. "Dari kedua kapal ini, 4 orang terdiri ABK dan nakhoda kita jadikan tersangka. Mereka semua warga negara Indonesia. Namun dalam aksi mencari ikan tanpa izin ini dimodali cukong asal Malaysia," kata AKBP Yassin.

"Kedua kapal tersebut di duga melanggar Pasat 93 ayat 1 jo pasal 27 ayat 1 UU No 45 Tahun 2009 tentang Perubahan UU No 31 th 2004 tentang Perikanan," tutup AKBP Yassin.

Baca Juga

Kirim komentar

 
 

 

 



Media Object

Komunitas kimcil nganjuk

Sosial     Hits : 1963
Media Object

Warga kediri temukan patung ganesa

Dhoho Hari Ini     Hits : 1252
Media Object

Kisah Pilu Hidup Dikandang Kambing

Dhoho Hari Ini     Hits : 1027
Media Object

Tradisi piton piton

Dhoho Hari Ini     Hits : 964
Media Object

live

Live Streaming     Hits : 719