DhohoTV - Sosial

Sejumlah Warga Tulungagung ,Saksikan Fenomena Alam Gerhana Matahari Cincin Di Gunung Budeg Tulungagung

Oleh : Redaksi Jumat, 02 September 2016

Keterangan : Sejumlah warga di tulungagung , jawa timur ,kamis sore , rela mendaki gunung budeg , untuk menyaksikan fenomena alam langka ,gerhana matahari cincin , yang sesuai pengumuman dari badan meteorologi kli

Bagikan

Fenomena alam yang langka , yakni gerhana matahaari cincin , g-m-c , yang melintas disejumlah daerah di indonesia , termasuk di jawa timur bagian barat ,yang terjadi pada 1 september , di saat matahari akan terbenam di ufuk barat , ternyata tidak disia-siakan begitu saja , oleh sejumlah warga tulungagung , jawa timur .
Para warga yang penasaran dengan kejadian langka ini , rela mendaki gunung budeg , di desa tanggung , kecamatan campurdarat , karena di gunung ini , biasanya digunakan warga setempat , menyaksikan matahari terbenam , di mana lereng gunung budeg sebelah barat , berhadapan langsung dengan matahari yang akan terbenam.

Tanpa membawa peralatan apapun , hanya membawa handphone , yang memanfaatkan kameranya untuk mengabadikan momen langka tersebut , sejumlah warga dengan sabar , menunggu detik-detik berlangsungnya gerhana matahari cincin. Sekitar pukul 17.10 wib . Meski cincin yang terbentuk melingkari matahari, nampak samar-samar , dan berawarna kuning , warga dapat menyaksikan gerhana matahari cincin . Tidak mau kehilangan momen langka ini , warga langsung memfoto , menggunakan kamera handphone , dan berselfi ria .

Sayangnya , kejadian yang dapat dipandang langsung dengan mata telanjnag tersebut , hanya berlangsung sekitar 5 minit , dan matahari yang berwarna jingga , secara perlahan ,terbenam di ufuk barat,  namun warga yang ada di gunung budeg tersebut , mengaku puas , karena baru pertama kali menyaksikan gerhana matahari cincin ini . Selain itu , yang membuat warga takjub , karena matahari memancarkan cahaya jingga yang pekat , dibandingkan hari-hari biasanya , memancarkan cahaya jingga yang cerah . Dari Tulungagung , Nada Wianto.