DhohoTV - Sosial

Stok Melimpah, Harga Ikan Laut Anjlok Trenggalek Jatim

Oleh : Redaksi Kamis, 01 September 2016

Keterangan : Setelah mengalami paceklik ikan selama delapan bulan, ribuan nelayan yang beroperasi di pelabuhan perikanan nusantara Prigi Trenggalek jawa timur, mulai menggeliat. Sejak kemarin, para nelayan mulai m

Bagikan

Sejak pagi hari, para nelayan di pelabuhan perikanan nusantara prigi, desa tasikmadu, kecamatan watulimo kabupaten trenhggalek jawa timur sibuk angkat ikan hasil tangkapan semalam. Hampir seluruh kapal nelayan yang melaut memperoleh tangkapan ikan jenis tongkol, dalam jumlah banyak di awal musim panen ini, dan satu kapan nelayan rata-rata mampu membawa hasil hingga 3 ton.

Sayangnya, melimpahnya tangkapan nelayan justru menyebabkan harga ikan  anjlok. Ikan tongkol kecil yang semula di jual 14 ribu rupiah perkilogam, kini turun drastis hingga 3 ribu rupiah per kilogram. Bahkan, ikan dengan kualitas rendah hanya dihargai 2 ribu rupiah per kilogram. Menurut petugas dinas perikanan trenggalek merosotnya harga ikan disebabkan oleh melimpahkan stok ikan di tempat pelelangan ikan T-P-I.

Anjloknya harga ikan ini, dikeluhkan oleh para nelayan, karena biaya operasional yang mereka keluarkan dalam sekali melaut relatif tinggi. Untuk kebutuhan bahan bakar minyak, b-b-m saja, nelayan butuh 30 liter solar sekali melaut, belum lagi upah anak buah kapal, a-b-k sebanyak 25 orang dalam satu kapal.
Para nelayan, menduga merosotnya harga ikan tidak hanya dipengaruhi oleh stok yang melimpah, namun kondisi tersebut, juga diakibatkan dari permainan harga dari para pedagang. Dari Trenggalek Nada Wianto.