DhohoTV - Sosial

Jelang Hari Raya Idul Adha Penjualan Sapi Sepi Nganjuk

Oleh : Redaksi Kamis, 01 September 2016

Keterangan : Jelang hari raya idul adha, penjualan di pasar sapi di kabupaten nganjuk jawa timur sepi sepinya penjualan dikarenakan banyak petani yang gagal panen, serta melimpahnya stok sapi dari wilayah timur.

Bagikan

Kondisi tersebut dialami sebagian besar penjual sapi di pasar hewan, di kelurahan kedondong, kecamatan bagor, nganjuk. Lesunya penjualan terjadi sejak sebulan yang lalu, hal ini diakibatkan lesunya minat pembeli yang mayoritas petani, karena faktor gagal panen. Selain itu stok sapi jelang hari raya idul adha melimpah, banyak beberapa pedagang dari luar wilayah nganjuk diantaranya dari wilayah Jember, Banyuwangi, Pasuruan dan juga Probolinggo, yang datang ke pasar hewan ini untuk menjual ternak mereka. Suwarno, salah satu pedagang mengaku, lesunya pembelian sapi sangat dirasakan seluruh  pedagang, hingga siang ia mengaku sapinya tidak ada yang laku satupun, akibat lesunya pembelian.padahal satu bulan yang lalu minimal satu sapi setiap hari terjual.

Meski penjualan sapi mengalami kelesuan, pedagang mengaku jelang hari raya idul adha, harga sapi mengalami kenaikan mulai dari lima ratus ribu hingga satu juta rupiah, seperti sapi ukuran kecil yang sebelumnya 9 juta naik menjadi 9 juta lima ratus. Ukuran sedang dari 12 juta menjadi 13 juta sementara ukuran besar dari 17 juta menjadi 18 juta rupiah. Dari Nganjuk Komarudin.