DhohoTV - Sosial

Tarawih Dan Witir Kilat, Hanya 10 Menit 23 Rekaat Selesai

Oleh : Habibul Muntaha Kamis, 09 Mei 2019

Keterangan : Para Jama'ah sedang Mengerjakan Sholat Tarawih dan Witir

Bagikan

Dhohotv.com, Blitar - Pelaksanaan sholat taraweh di Pondok Pesantren Mambaul Hikam, di Desa Mantenan Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar Berlangsung Cepat dan singkat, sebab, di masjid yang berada di lingkungan pondok pesantren tersebut, hanya membutuhkan waktu 10 menit 23 Rakaat sholat Terawih dan witir bisa selesai.

Pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Hikam, Dlya'udin Azzamzammi mengatakan, shalat tarawih cepat ini menjadi tradisi pesantren selama satu abad lebih. pihaknya sengaja melakukan sholat tarawih cepat, untuk menarik minat warga yang sudah lelah bekerja seharian. meskipun dilakukan dengan cepat, namun pihak pesantren memastikan tidak ada rukun shalat yang tertinggal, dan shalat tersebut sah sesuai syariat hukum islam.

"Sholat seperti ini udah dilakukan sejak dahulu oleh pendiri pondok, agar masyarakat mau dan senang mengerjakan sholat Tarawih dan witirnya" Terangnya saat ditemui dimasjid usai sholat (09/05/2019) Malam.

tidak hanya jamaah dari Ponpes Mambaul Hikam saja, para jamaah ini juga berasal dari kabupaten lain, seperti Kediri dan Tulungagung. mereka tertarik mengikuti shalat tarawih karena cepat selesai. 

"Iya Sholatnya sangat cepat kurang lebih 10 menit, saya sudah terbiasa karena hampir setiap tahun tarawih disini" ungkap Bagus Susanto Jama'ah Asal Kediri.

Sejarah sholat tarawih yang berlangsung cepat ini, pertama kali dilakukan oleh pendiri pondok, Kh Abdul Ghofoer sekitar tahun 1907 sholat cepat di pondok pesantren mambaul hikam dilakukan hanya untuk sholat tarawih dan witir saja. untuk sholat lima waktu, sholatnya seperti pada umumnya pondok-pondok lainnya. (Aji/Bib)