DhohoTV - Sosial

Marak Info Hoax Penyerangan Kyai, Polisi Beri Pembinaan Keamanan Santri Pondok

Oleh : redaksi Rabu, 28 Februari 2018

Keterangan : polisi beri pembinaan keamanan santri pondok

Bagikan

Dhohotv, Kediri - Satuan Bina Masyarakat (BINMAS) Polres Kediri Kota, mendatangi ruang keamanan santri, di Pondok Pesantren Lirboyo Kota Kediri. kedatangan pihak kepolisian ini, untuk memberikan pembinaan kepada seluruh santri keamanan, pasca adanya informasi hoax terkait rencana penyerangan ulama, di pondok pesantren al falah ploso.

Dalam pembinaan tersebut, pihak kepolisian menekankan agar para santri yang tergabung dalam keamanan pondok, tidak gegabah dalam menyikapi informasi yang belum memiliki kejelasan. hal ini untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, seperti yang telah terjadi di pondok al falah ploso beberapa waktu lalu. Dimana, salah seorang pengunjung pondok yang dicurigai sebagai pelaku teror, justru tidak terbukti melakukan hal tersebut.

Meski demikian, para santri keamanan diminta untuk tetap waspada dalam menjaga pondok pesantren. salah satunya seperti cara mengidentifikasi tamu asing, yang hendak masuk ke wilayah pondok.

Selain itu, para santri keamanan juga diimbau untuk bijak dalam bermedia sosial. sehingga informasi - informasi yang ada,  justru tidak menimbulkan keresahan di masyarakat, seperti yang terjadi di ponpes alfalah ploso beberapa waktu lalu.

"Santri yang menjadi keamanan pondok merupakan panjang tangan pihak kepolisian untuk menjaga keamanan dilingkungan pesantren, jadi sudah seharusnya kita berikan materi Kamtibmas" Umat Sumardi.

Sementara Wahyu Pimpinan keamanan Pondok Pesantren Lirboyo mengaku senang dengan diberikan ya materi dari kepolisian, selanjutnya ia akan melakukan identifikasi secara detail pada orang asing yang berkunjung ke pondok.

"Kedepan kami angkat tingkatkan pengamanan dilingkungan pondok" ujarnya.

Tidak hanya di lirboyo, pihak Polresta Kediri akan terus berkeliling, di seluruh pondok pesantren yang ada di wilayahnya. kedepan diharapkan kota kediri menjadi lebih kondusif. (Bib/Yin)