DhohoTV - Sosial

Terdampak Bencana Tanah Gerak Dan Ambles, 8 Rumah Warga Terancam Rusak

Oleh : redaksi Selasa, 27 Februari 2018

Keterangan : bencana tanah gerak dan ambles

Bagikan

Dhohotv.com, Tulungagung - Tiga tahun terakhir, delapan rumah warga di RT 4 RW 2, dusun tugu , desa tugu , kecamatan sendang , tulungagung , jawa timur ,dalam bayang-bayang kecemasan , karena dengan intensitas curah hujan yang tinggi seperti saat ini , tanah retak yang mengancam pemukimannya , semakin parah dan tanahnya terus mengalami ambles .

Untuk musim penghujan tahun ini , dan dalam satu bulan terakhir , guyuran hujan , kembali membuat retakan tanah semakin melebar , serta menyebabkan tanah ambles sedalam 20 centimeter hingga 1 meter . sehingga pekarangan depan rumah , yang semula rata , kini tanah berubah berkontur terasering , dan sewaktu-waktu dapat mengancam keselamatan warga , karena tanahnya kondisinya labil .

Tidak hanya itu , retakan tanah tersebut , juga telah merembet kedalam rumah warga , sehingga lantai , dan dinding rumah , mengalami retak-retak selebar 3 centimeter hingga 5 centimeter , bahkan 8 pemilik rumah yang terancam , saat malam hari , maupun siang hari jika turun hujan deras , terpaksa mengungsi kerumah tetangga , ataupun kerumah sanak famili yang lebih aman .

Meski bencana tanah retak , telah berlangsung lama , hingga kini belum ada perhatian dari pemerintah setempat, dan mereka hanya berharap agar pemerintah segera melakukan tindakan maupun penangangan yang kongkrit , selain itu , lingkungan pemukiman yang sudah tidak layak huni ini , warga tidak keberatan jika direlokasi ketampat yang lebih aman.

"Semoga pemerintah segera memberikan solusi yang terbaik, jika direlokasi kami siap" ungkap slamet warga terdampak.

Bencana tanah gerak ini , juga diperparah dengan adanya lairan sungai yang ada di bawah pemukiman warga setempat , karena saat turun hujan deras , volume dan debit air sungai meningkat , yang menyebabkan air sungai menggerus tebing sungai , dan ambles. (Nad/Bib)