DhohoTV - Sosial

Legitnya Rasa Buah Durian Khas Desa Medowo

Oleh : redaksi Selasa, 27 Februari 2018

Keterangan : legitnya rasa buah durian khas desa medowo

Bagikan

Dhohotv.com, Kediri - Suasana di desa medowo kecamatan kandangan kabupaten Kediri sangat meriah pada acara yang bertajuk "dhahar durian medowo" yang dilaksakan sabtu pagi kemaren. tampak terlihat dari kejauhan ribuan masyarakat rela mengantre di atas kendaraannya masing-masing untuk bisa mendapatkan buah durian dari panitia.

Tahun ini, masyarakat desa medowo bersama dinas kebudayaan dan pariwisata kabupaten kediri menyediakan 2018 buah untuk pengunjung, ribuan buah durian itu dibagi menjadi lima dalam bentuk tumpeng durian. untuk bisa merasakan durian asli desa medowo ini, pengunjung harus menukarkan vocer yang sebelumnya dibeli dengan harga 5 ribu rupiah di pintu masuk desa. untuk satu voucer mendapatkan 1 buah durian. sedangkan untuk pengunjung yang menggunkan mobil berjumlah dari tiga orang , panitia memberikan 2 voucer . penggunaan sistem tukar vocer ini dilakukan untuk mengantisipasi kecurangan dari pengunjung.

Seperti pengalaman tahun lalu, karena tidak menggunakan voucer, banyak pengunjung yang berbuat curang dengan bolak balik mendatangi panitia mengaku belum mendapatkan buah durian. sehingga panitia pun terkecoh dan memberikan durian tersebut kepada orang yang sebelumnya sudah mendapatkan durian, diharapkan dengan sisitem voucer ini bisa meminimalisir kecurangan tersebut.

Menurut wakil bupati kediri maskuri ikhsan  yang hadir langsung didesa medowo mengatakan,  acara dhahar durian medowo menjadi agenda tahunan sebagai wujud syukur masyarakat, khususnya petani durian pada musim panen. acara ini juga sekaligus memperkenalkan produk durian unggulan desa medowo dan memperkenalkan destinasi wisata yang ada.

"Acara ini merupakan agenda tahunan warga dan pemerintah sebagai bentuk rasa sukur masyarakat khususnya petani durian pada musim panen" kata masykuri saat dilokasi.

Lanjut maskuri, di desa ini memiliki obyek wisata bukit gandrung medowo, air terjun sumber jodo, sendang gandrung di ringinagung atau ke wisata air terjun tretes pengajaran yang merupakan tertinggi di jawa timur.

"Selain buah durian di desa medowo juga banyak wisata alam yang masih alami" jelasnya.

Durian medowo yang diklaim mempunyai rasa berbeda dengan durian dari daerah lain ini mampu memikat wisatawan untuk berkunjung ke desa medowo. di ungkapkan intan wisatawan asal Surabaya, menurutnya buah durian desa medowo mempunyai rasa yang legit dilidah berbeda dengan buah durian dari daerah lain,masih kata intan, banyaknya pengjung yang datang ke loaksi ini hampir membuat ia putus asa karena harus mengantre sejak pagi hari.

"Durian disini rasanya sangat legit dan khas, berbeda dengan durian di daerah lain, tadi saya datang sejak pagi lama ngatri untuk mendapatkan durian" ujar intan pengunjung asal surabaya.

Selain buah durian, dalam acara tahunan ini panitia juga menyediakan 2 000 gelas susu segar gratis yang dapat dinikmati pengunjung. susu sapi gratis ini disediakan di setiap stand umkm masyarakat setempat, dimana, warga menjual aneka olahan makanan seperti, keripik pisang, keripik gothe,  pancake durian dan lain sebagainya. (Bib/Yin)