DhohoTV - Sosial

Sambut Perayaan Imlek, Klenteng Tjoe Tik Kiong Tulungagung Mulai Berbenah

Oleh : Redaksi Senin, 12 Februari 2018

Keterangan : sejumlah orang sedang bersih-bersih di klenteng tulungagung

Bagikan

Tulungagung - Menyambut datangnya perayaan tahun baru imlek tanggal 16 februari mendatang,  tempat ibadat tri darma, atau klenteng tjoe tik kiong tulungagung  jawa timur mulai sibuk berbenah diri. dengan membersihkan tempat untuk melakukan ibadah serta lingkungan sekitar klenteng. Bersih-bersih ini dilakukan agar para jamaah klenteng  saat beribadah imlek  merasa nyaman  dan khusuk, sehingga segala doa yang dipanjatkan kepada yang maha kuasa  dapat terkabulkan.

Biokong klenteng tjoe tik kiong Tulungagung, tan siek siang, mengatakan pembersihan ini di lakukan ditempat  untuk melakukan ibadah, serta lingkungan sekitar klenteng, bahkan juga menambah sejumlah lilin besar, untuk penerangan klenteng.

"Mulai dari pintu gerbang depan , taman dan bangunan di dalam klenteng kita bersihkan" ujar tan siek siang saat ditemui di lokasi.

Lanjut tan siek, Meski di klenteng tjoe tik kiong, sebagai tempat bersemayam dewa mak co thian siang seng bo, tidak mempunyai tradisi khusus memandikan atau mensucikan para dewa,  saat menjelang imlek. namun pihak klenteng, tetap membersihkan sarana beribadatan, seperti ding, atau tempat hio berkaki tiga yang berada di pintu masuk, pilar dengan replika naga, genta, hio luu atau tempat hio di atas meja, dan sejumlah altar tempat meletakkan persembahan.

"Pembersihan juga dilakukan disarana beribadatan, seperti ding, atau tempat hio berkaki tiga yang berada di pintu masuk, pilar dengan replika naga, genta, hio luu atau tempat hio di atas meja" pungkasnya. (Nad/Yin)