DhohoTV - Sosial

Hati-Hati Bari Para Pemudik, Jalur Mudik Selatan Jatim Rawan Longsor Trenggalek Jatim

Oleh : redaksi Sabtu, 17 Juni 2017

Keterangan : Sejumlah titik di ruas jalan nasional trenggalek-ponorogo, di trnggalek , yang menjadi jalur alternatif pemudik di selatan jawa timur, rawan longsor dan untuk mengantispasinya kini telah disiapkan

Bagikan

Salah satu titik yang rawan longsor,  berada di kilometer 16 dan 17 desa nglinggis , kecamatan tugu , kabupaten trenggalek .  Pada ruas jalan nasional ini,  terdapat tebing dengan kemiringan cukup ekstrim , beberapa batuan yang ada di lereng tebing kondisinya cukup mengkhawatirkan .  Selain itu ,  sejumlah sisa material longsor , dari kejadian sebelumnya masih terdapat di beberapa lokasi. 

Para pemudik yang melintas jalur ini,  di minta untuk meningkatkan kewaspadaan,  terlebih pada saat turun hujan.  Untuk mengantisipasi terputusnya jalur akibat longsor , pemerintah telah menyiagakan sejumlah alat berat disekitar lokasi . 

Sementara itu,  pada ruas jalan nasional trenggalek-tulungagung,  proses perbaikan jalan telah selesai dikerjakan,  sehingga kondisi jalan rata-rata telah mulus  dan siap untuk digunakan untuk jalur mudik.  Saat ini,  pemerintah sedang merampungkan proses pengurukan bahu jalan , pengerjaan ini,  diperkirakan akan selesai sebelum h-7 lebaran . 

Meski demikian,  para pemudik yang melintasi jalur selatan jawa timur ini , di minta untuk berhati-hati ,  karena beberapa titik jalan masih belum dilengkapi dengan marka jalan .  Selain itu juga,  terdapat beberapa ruas uang minim penerangan.  

Jalur selatan jawa timur yang melintasi kabupaten trenggalek , kini menjadi alternatif jalur mudik dari jakarta ,  jawa barat,  maupun jawa tengah ,  untuk menuju sejumlah kota seperti tulungagung , blitar,  malang maupun sekitarnya .  Jalur ini,  di nilai lebih sepi di banding jalur pantura maupun jalur tengah. Dari Trenggalek  Nada Wianto.