DhohoTV - Sosial

Mengisi Bulan Ramadhan, Seorang Napi Menulis Al Quran Berukuran Raksasa Blitar

Oleh : redaksi Jumat, 16 Juni 2017

Keterangan : Mengisi bulan suci ramadhan, seorang narapadina di blitar, menulis mushaf al quran berukuran raksasa dari balik jeruji besi. Mushaf al quran yang ditulisnya tersebut mempunyai ukuran 120 kali 90 ce

Bagikan

Menjadi seorang narapidana dan berada dalam tahanan tidak membuat ahmad yani, seorang narapidana di lembaga pemasyarakatan kelas dua b blitar untuk berkarya.  Dalam bulan suci ramadhan ini, narapidana kasus illegal loging ini menulis sebuah mushaf al quran raksasa, yang mempunyai ukuran 120 kali 90 senti meter.

Al quran berukuran raksasa ini ditulis menggunakan spidol di atas kertas samson craft. Dalam proses penulisannya, yani mengulangi penulisan setiap ayat sebanyak dua kali, untuk menghasilkan tulisan yang sempurna. Dalam satu hari yani bisa menulis sebanyak empat lembar mushaf al quran. Al quran ini ditargetkan akan selesai dalam waktu lima bulan.

Yani menulis mushaf al quran ini di dalam kamar sel yang dihuninya sehari-hari. Selain untuk mengisi kegiatan selama bulan suci ramadhan, yani menggunakan kesempatan menulis al quran, untuk merenungi semua kesalahan yang sudah dilakukan selama ini. Yani berharap nantinya masyarakat bisa kembali menerimanya, setelah ia keluar dari penjara.

Kalapas kelas kelas dua b blitar, rudi sarjono mengatakan,  ia melihat yani sering membuat kaligrafi dan akhirnya ia menantang yani untuk menulis al quran berukuran raksasa.  Yani sendiri,  saat ini sudah menjalani masa hukuman sepuluh bulan/ dari vonis satu tahun empat bulan.

Al quran raksasa ini nantinya akan dihibahkan ke masjid agung kabupaten blitar, setelah selesai dijilid dan di sablon. Selain itu al quran tersebut nantinya akan disimpan di sebuah kotak khusus, sehingga akan awet.
Alquran raksasa ini merupakan karya kedua yang dibuat oleh ahmad yani, sebelumnya yani sudah pernah membuat al quran raksasa dengan ukuran 110 kali 80 sentimeter. Uniknya proses pembuatan al quran raksasa ini sama sama dilakukan di dalam tahanan. Dari Blitar  Moh Aji.