DhohoTV - Sosial

Mengetahui Waktu Sholat Dan Arah Kiblat Dengan Jam Matahari Trenggalek

Oleh : redaksi Kamis, 15 Juni 2017

Keterangan : Pada zaman dahulu, sebelum teknologi berkembang pesat , untuk menentukan waktu sholat tidaklah mudah, salah satunya yakni dengan menggunakan jam matahari atau kompas matahari . Hingga kini, jam mat

Bagikan

Perkembangan teknologi modern tidak serta merta menggeser ilmu pengetahuan dan teknologi sederhana yang telah ada sejak ratusan tahun silam , salah satu buktinya,  adalah jam matahari , atau kompas matahari , yang digunakan untuk menentukan waktu shalat wajib,  bagi umat islam.

Jam matahari atau yang biasa di sebut jam bencet ini,  berada di komplek pondok pesantren babul umum ,  kecamatan durenan , kabupaten trenggalek .  Tidak seperti jam pada umumnya,  jam matahari ini,  berbentuk setengah lingkaran dengan satu jarum yang tepat berada ditengahnya .  Pada bagian tengah lingkaran tertera sejumlah angka yang menunjukkan jam , serta waktu shalat.

Menurut,  pengasuh pondok pesantren babul ulum , kyai haji fattah mu'in , bayangan jarum menunjukkan jam tertentu,  sesuai dengan pergerakan matahari .  Meskipun tergolong teknologi kuno , hingga kini jam matahari masih tetap digunakan / dan keberadaan jam matahari ini , telah ada di pondok babul ulum sejak tahun 1965 .

Meskipun sederhana,  proses pemasangan jam ini membutuhkan keahlian khusus , karena harus benar-benar presisi  dan sesuai dengan pergerakan matahari,  mulai pagi hingga sore hari . Selain itu , pada jam ini juga terdapat petunjuk arah kiblat. Dari Trenggalek  Nada Wianto.