DhohoTV - Sosial

Memasuki Bulan Ramadhan, Perajin Sarung Anak Bermotif Kartun Banjir Orderan Tulungagung

Oleh : kamik Kamis, 15 Juni 2017

Keterangan : Memasuki bulan ramadhan , membawa berkah bagi pengusaha sarung anak bermotif kartun di tulungagung , karena permintaan sarung anak melonjak hingga 100 persen di banding hari-hari biasa . Selain simp

Bagikan

Sarung anak dengan hiasan kartun aneka karakter ini , di produksi oleh zaenal arifin,  warga desa majan,  kecamatan kedungwaru , tulungagung .  Pembuatan sarung anak ini , berawal saat banyak permintaan dari orang tua,  yang menginginkan anaknya dibuatkan sarung kecil yang mudah di pakai dengan warna dan hiasan yang menarik.

Lambat laun permintan sarung anak ini,  semakin meningkat ,  hingga puncaknya pada bulan ramadhan kali ini,  permintaan sarung anak meningkat hingga 100 persen,  di banding hari-hari biasa.

Dalam membuat sarung anak ini,  zaenal , memilih menggunakan bahan baku limbah kain sarung dari pabrik garment.  Selain bahannya lebih murah,  kain sarung ini , mempunyai warna,  motif dan corak yang unik , tidak dimiliki kain biasa.  

Proses pembuatan sarung anak ini,  sama seperti proses pembuatan baju atau sarung pada umumnya,  hanya yang membedakan adalah , perajin harus pintar menyesuaikan warna  dan hiasan sarung berupa bordir kartun , sehingga di dapat kombinasi yang menarik dan disukai anak anak.  

Proses pembuatan sarung anak ini,  lembaran kain sarung sisa atau limbah pabrik sarung , di ukur dan di lihat warna serta coraknya , kemudian di potong menurut pola dan kombinasi motif yang sudah di tentukan ,  kemudian di jahit .  Berikutnya kain sarung anak-anak ini,  di beri hiasan berupa gambar kartun aneka karakter , dengan mesin bordir.  

Di bantu 10 karyawanya,  arifin ,  mampu memproduksi 1.000 hingga 2.000 sarung anak per bulan.  Dipasaran sarung anak,  buatan zaenal ini,  di jual dengan kisaran harga 25 ribu hingga 35 ribu rupiah per potongnya.  Variasi harga jual sarung anak sarung ini,  ditentukan kualitas bahan kain sarung  dan ukurannya.  

Selain melayani pasar lokal tulungagung,  zaenal,  juga memasarkan sarung anak , di berbagai kota di jawa timur , seperti blitar , kediri  dan pasuruan.

Untuk memperluas pemasaran , zaenal,  selalu membuat kreasi  dan kombinasi motif sarung anak terbaru,  sehingga produk sarung anak buatanya , terus digemari anak anak,  agar tak ketinggalan dengan trend serta model sarung anak masa kini.  Selain itu , harganya yang terjangkau dan kualitasnya tak kalah dengan sarung buatan pabrikan. Dari Tulungagung  Nada Wianto.

 
 

 

 



Media Object

Komunitas kimcil nganjuk

Sosial     Hits : 2015
Media Object

Warga kediri temukan patung ganesa

Dhoho Hari Ini     Hits : 1291
Media Object

live

Live Streaming     Hits : 1183
Media Object

Kisah Pilu Hidup Dikandang Kambing

Dhoho Hari Ini     Hits : 1058
Media Object

Tradisi piton piton

Dhoho Hari Ini     Hits : 996
Media Object

Wisata danau warna

Sosial     Hits : 801