DhohoTV - Sosial

Pihak Tergugat Gagal Hadirkan Saksi , Sidang Sengketa Lahan Tni Vs Warga Di Tunda Tulungagung

Oleh : redaksi Selasa, 13 Juni 2017

Keterangan : Sidang kasus sengketa lahan antara t-n-i dan warga di tulungagung, dengan agenda mendengarkan keterangan saksi dari pihak tergugat, di pengadilan negeri tulungagung , senin siang, batal digelar . Pe

Bagikan

Ratusan warga dari tiga kecamatan,  yakni kecamatan kalidawir,  tanggunggunung,  dan kecamatan pucanglaban,  kabupaten tulungagung ,  senin pagi memenuhi halaman pengadilan negeri setempat.  Kedatangan ratusan warga ini , untuk mengawal sidang gugatan kasus sengketa lahan eks perkebunan kaligentong,  antara warga dengan pihak t-n-i.

Persidangan dengan agenda mendengarkan keterangan saksi dari pihak tergugat,  yakni t-n-i,  molor karena kuasa hukum kedua belah pihak, tiba di pengadilan ,  terlambat.  Setelah kedua belah pihak memasuki ruang persidangan , jalannya sidang berlangsung tidak lebih dari 10 menit  dan di tunda pelaksanaannya ,  kamis 15 juni mendatang , lantaran tim kuasa hukum tergugat,  gagal menghadirkan saksi yang diajukan dipersidangan .

Salah seorang anggota tim penasehat hukum tergugat,  mayor syamsul huda , mengatakan pada persidangan yang dijadwalkan hari kamis mendatang,  pihaknya berencana akan menghadirkan saksi ahli dari badan pertanahan nasional , beserta bukti-bukti dokumen yang di klaim asli belanda ,  untuk melawan dalil-dalil yang dibawakan saksi penggugat pada persidangan lalu .

Sementara itu kuasa hukum penggugat,  eggy sudjana,  menila dengan tidak hadirnya saksi dalam sidang kali ini,  dalam pengertian hukum berarti tidak ada yang dapat dipersaksikan.

Seperti diketahui , sejak akhir januari 2017,  ratusan warga lima desa di tulungagung selatan,  beramai-ramai mengajukan gugatan perdata melawan t-n-i ,  terkait sengketa lahan eks perkebunan kaligentong.  Luas lahan yang disengketakan mencapai 1.538 hektar , yang ditempati sekitar 740 kepala keluarga .  Dari Tulungagung Nada Wianto.