DhohoTV - Sosial

Razia Kelayakan Bus Angkutan Mudik Mudik Lebaran, Petugas Temukan Banyak Bus Tak Layak Jalan Tulungagung

Oleh : redaksi Sabtu, 10 Juni 2017

Keterangan : Menjelang arus mudik lebaran idul fitri, petugas gabungan dinas perhubungan, b-n-n, dinkes dan satlantas polres tulungagung, merazia kelayakan bus yang akan digunakan angkutan mudik lebaran dan has

Bagikan

Di terminal bus gayatri tulungagung ,  petugas gabungan dari dishub,  b-n-n , dinkes, satlantas polres tulungagung , beserta dishub provinsi jawa timur dan kemenhub , melakukan razia terhadap seluruh bus angkutan kota dalam provinsi maupun antar provinsi,  yang masuk ke terminal.  Razia ini dilakukan terhadap bus yang akan digunakan untuk angkutan mudik lebaran,  yang biasa menaikan maupun menurunkan penumpang di terminal gayatri. 

Razia kelayakan bus ini , diantaranya lampu utama,  lampu seins,  wiper,  ban , jumlah bangku,  serta pemadam kebakaran  dan hasilnya banyak bus yang di razia , dinyatakan tidak layak jalan , sehingga para pengemudi di beri sanksi tilang , bahkan jika pelanggaran sampai tingkat terparah , bus tersebut di suruh balik kepangkalannya untuk diperbaiki , meski di dalam bus penuh penumpang. 

Menurut wijarnoko,  kabid keselamatan jalan dishub tulungagung , bahwa razia kalayakan jalan terhadap bus yang akan digunakan angkutan mudik lebaran , agar memberikan rasa aman dan nyaman kepada pemudik,  saat kembali ke kampung halamannya masing-masing.

Selain razia kelayakan bus,  juga dilakukan tes urine kepada seluruh pengemudi bus  dan setelah dilakukan pengambilan sample urine , b-n-k kabupaten tulungagung,  menyatakan bahwa seluruh pengemudi yang telah di ambil sample urine , negatif mengkonsumsi narkoba.  Tidak hanya , itu pengemudi bus , juga diperiksa kesehatannya , jika ditemukan yang menderita penyakit yang dapat membahayakan dirinya maupun keselamatan penumpang,  langsung di beri obat oleh petugas dinkes tulungagung .

Untuk mengantisipasi para pengemudi bus maupun pemilik bus yang nakal , untuk memaksakan busnya yang tak layak jalan , beroperasi , petugas gabungan akan terus melakukan razia hingga arus balik lebaran mendatang. Dari Tulungagung Nada Wianto.