DhohoTV - Sosial

Tasbih Kayu Songo, Tasbhih Unik Terbuat Dari Bahan Kayu Langka Tulungagung

Oleh : kamik Senin, 05 Juni 2017

Keterangan : Bagi umat islam , bulan ramadhan menjadi saat yang di tunggu-tunggu untuk memperbanyak ibadah dan berdzikir mendekatkan diri kepada allah s-w-t . Dalam berdzikir , umat islam tentunya seolah tidak bis

Bagikan

Berbeda dengan tasbih pada umumnya , tasbih kayu songo yang di buat rekso yuwono , warga desa simo ,  kecamatan kedungwaru , tulungagung ini , terbuat dari 9 jenis kayu langka , diantaranya adalah kayu setigi , cendana , dewandaru, nagasari, walikukun,  galih asem,  galih johar dan kayu liwung . Bagi sebagian masyarakat jawa , kayu-kayu langka tersebut , diyakini memiliki tuah , atau khasiat tertentu.

Proses pembuatan tasbih kayu songo ini , sama seperti pembuatan tasbih pada umumnya . Kayu di potong , kemudian di belah sesuai dengan kebutuhan.  Selanjutnya potongan kayu tersebut , di bentuk menjadi bulatan-bulatan kecil menggunakan mesin bubut kayu .

Satu potongan kayu berukuran 3 centimeter , dapat menghasilkan 6 butir biji tasbih.  Setelah pembubutan selesai,  butiran tasbih yang masih menjadi satu dilubangi pada bagian tengahnya.  Selanjutnya adalah memotong satu persatu biji tasbih , kemudian di rangkai menggunakan benang .

Sulitnya memperoleh bahan baku , membuat produksi tasbih kayu songo ini, sangat terbatas , dan hanyamelayani pesanan saja.  Dengan hanya mengandalkan promosi dari mulut ke mulut,  pesanan berdatangan dari kota-kota disekitar tulungagung , seperti trenggalek , blitar dan kediri . Satu buah tasbih kayu songo yang berisi 99 butir , rata-rata di jual seharga 125 ribu rupiah.

Bagi sebagian masyarakat jawa , berbagai jenis kayu langka yang di buat menjadi biji tasbih tersebut , diyakini bertuah atau memiliki khasiat tertentu saat di pakai ,seperti untuk keselamatan , dan juga kewibawaan . Menurut salah seorang pelanggan , anam bastomi , tasbih kayu songo ini , akan membawa dampak positif bagi sipemakainya , dengan cara berdzikir mendekatkan diri pada allah,  menggunakan tasbih tersebut .

Karena keunikan dan terbatasnya jumlah barang , selain digunakan sebagai sarana berdzikir , tasbih kayu songo ini , juga dijadikan sebagai koleksi , oleh para penggemar kayu bertuah .Dari Tulungagung Nada Wianto.


 
 

 

 



Media Object

Komunitas kimcil nganjuk

Sosial     Hits : 2011
Media Object

Warga kediri temukan patung ganesa

Dhoho Hari Ini     Hits : 1289
Media Object

live

Live Streaming     Hits : 1159
Media Object

Kisah Pilu Hidup Dikandang Kambing

Dhoho Hari Ini     Hits : 1058
Media Object

Tradisi piton piton

Dhoho Hari Ini     Hits : 994
Media Object

Wisata danau warna

Sosial     Hits : 798