DhohoTV - Sosial

Warga Tutup Akses Jalan Menuju Pabrik, Saat Pemerintah Daerah Sidak Ke Lokasi Blitar

Oleh : redaksi Sabtu, 03 Juni 2017

Keterangan : Puluhan warga rejoso kabupaten blityar, menutup akses jalan yang rencananya akan digunakan untuk pendirian pabrik gula. Penutupan ini, karena ada aset desa yang sudah berubah bentuk menjadi lahan y

Bagikan

inilah puluhan warga desa rejoso kecamatan binangun kabupaten blitar, yang melakukan penutupan akses jalan untuk pendirian pabrik gula di desa rejoso. Penutupan ini dilakukan, saat pejabat pemerintah kabupaten blitar hendak meninjau lokasi pendirian pabrik gula, yang investasinya mencapai dua koma dua triliun rupiah. Penutupan ini mendapatkan perlawanan dari para sopir truk yang bekerja untuk pembangunan pabrik gula.

Warga menutup jalan, karena aset desanya berupa jalan dan sungai kini sudah berubah bentuk menjadi lahan yang akan digunakan untuk mendirikan pabrik.  Padahal, aset desa seluas 4 ribu meter persegi ini belum melalui tahap tukar guling.  Warga menutup dengan menggunakan bambu dan spanduk bertulisan tuntutan penutupan.

Sementara itu, perwakilan dari pemerintah daerah kabupaten blitar dan investor yang hendak berkunjung ke lokasi pendirian pabrik tertahan di rumah kepala desa rejoso. Sebagain perwakilan warga mengadakan pertemuan. Hasilnya pihak investor mengaku belum melakukan tukar guling terhadap aset desa rejoso.

Sementara itu, pihak kepolisian yang hadir dalam pertemuan ini bertekad akan mengusut kasus penyerobotan tanah aset desa rejoso ini.  Pihak kepolisian saat ini masih mengumpulkan bukti-bukti yang dapat mendukung laporan warga beberapa waktu yang lalu. Saat pertemuan ini, warga desa rejoso yang tidak terima aset desanya berubah bentuk dan diserobot pihak investor, melakukan aksi unjuk rasa di depan rumah kepala desa, bahkan unjuk rasa ini nyaris ricuh, beruntung warga dapat ditenangkan oleh petugas. Dari Blitar Moh Aji .