DhohoTV - Sosial

Peringati Lahirnya Pancasila, Pemkot Gelar Grebeg Pancasila Di Alon-Alon Kota Blitar

Oleh : redaksi Jumat, 02 Juni 2017

Keterangan : Peringati hari lahirnya pancasila, pemkot blitar, menggelar ritual kirab grebeg pancasila. Selain terdapat gunungan lima, kirab ini juga dimeriahkan dengan puluhan lampion beraneka jenis. Tumpeng be

Bagikan

Ada yang berbeda dalam peringatan grebeg pancasila kali ini.  Pasalnya, ritual grebeg pancasila dilaksanakan malam-hari, sesudah warga melaksanakan ibadah sholat teraweh.  Ritual grebeg pancasila diawali,  dari alon-alon kota blitar.

Upacara ritual grebeg pancasila diawali dengan replika burung garuda, gunungan lima dan teks pancasila dibawa ke dalam lokasi alon-alon kota blitar. Selanjutnya, teks pancasila, diserahkan oleh pasukan kepada walikota blitar. Selanjutnya, walikota blitar, samanhudi anwar membacakan teks pancasila, yang diikuti oleh peserta ritual.

Menurut walikota blitar, samanhudi anwar mengatakan, ritual grebeg pancasila ini bertujuan,  untuk mengingat hari lahirnya pancasila. Dirinya dan seluruh warga kota blitar jugabangga,  karena presiden jokowi, akhirnya menetapkan setiap tanggal 1 juni sebagai hari nasional.  Dan tema grebeg pancasila ini adalah, saya pancasila saya indonesia.

Selanjutnya, replika burung garuda, serta pasukan pembawa tumpeng yang berjumlah lima buah tumpeng, yang terbuat dari hasil palawija, dikirab dari alon-alon menuju makam bung karno. Kelima buah tumpeng tersebut, menggambarkan sila-sila yang ada pada pancasila, yang merupakan dasar negara indonesia.  Selain itu,  puluhan lampu lampion yang berbentuk pancasila dan sila-sila yang terkandung di dalamnya. Juga dikirab oleh warga.


Sementara berdasarkan kepercayaan masyarakat kota blitar, tumpeng itu membawa berkah bagi warga yang mendapatkan tumpeng. Karena itu, begitu sampai di lokasi makam bung karno, warga langsung menyerbu tumpeng. Ratusan warga berdesak-desakan demi mendapatkan aneka buah-buahan, serta hasil bumi lainnya. Warga berkeyakinan akan mendapatkan berkah seperti banyak rejeki, selalu sehat dan laris dalam berjualan.

Sebagai sebuah tradisi masyarakat, kirab tumpeng grebeg pancasila ini,  memiliki daya tarik dalam pengembangan pariwisata berbasis budaya.  Tradisi budaya ini,  berpotensi menarik wisatawan karena kekhasannya yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Dari Blitar Moh Aji .