DhohoTV - Sosial

Polres Kediri Ciduk Peracik Jamu Ilegal Kediri

Oleh : redaksi Jumat, 02 Juni 2017

Keterangan : Kepolisan resort kediri , meringkus seorang peracik jamu dan berhasil membongkar praktik pembuatan jamu ilegal di kabupaten kediri . Industri rumahan yang berdiri sejak 2001 ini , tidak dilengkapi ij

Bagikan

Anggota satuan reserse kriminal polres kediri berhasil membongkar industri rumahan pembuatan  jamu ilegal ,  milik imam sutikno , di kecamatan ngancar,  kabupaten kediri, industri rumahan yang berdiri sejak tahun 2001 ini dibongkar karena dalam peracikanya jamunhya  tidak diklengkapi dengan ijin dari dinas kesehatan , bpom,  serta ijin edar, yang dinilai sangat membahayakan jika dikonsumsi masyarakat.

Ada dua macam jamu, yang di produksi tersangka . Yakni untuk asam urat dan flu tulang bermerk singa banteng . Bahannya adalah rempah rempah ,  gula ,  air dan pewarna makanan yang pelaku racik tanpa takaran pasti . Kepada petugas,  imam mengaku ilmu meracik ini ia dapat ketika bekerja di sebuah pabrik pembuatan jamu.  Dalam satu ia bulan mampu menjual sekitar 1000 botol ke warung warung kecil di wilayah kabupaten kediri , dengan harga 2000 rupiah perbotolnya.

Bersama tersangka,  polisi menyita sedikitnya 117 botol jamu asam urat dan flu tulang .  Label kemasan ,  bahan pembuatan jamu,  serta kompor dan alat memasak serta alat pengemasan.

Atas usaha ilegal  ,  yang membahayakan masyarakat ini , pelaku terancam pasal 142 , undang undang republik indonesia , nomor 18 tahun 2012 tentang pangan,  dengan ancaman hukuman 2 tahun penjara atau denda 4 milyar rupiah . Dari Kediri Habibul Muntaha .