DhohoTV - Sosial

Pabrik Beras Yang Digrebeg Sudah Lama Beroperasi, Dan Warga Tidak Mengetahui Blitar

Oleh : redaksi Kamis, 01 Juni 2017

Keterangan : Pabrik beras yang digrebek oleh tim satgas pangan polres blitar, ternyata sudah lama beroperasi. Namun warga sekitar tidak mengetahui nya. Warga mengetahui pabrik tersebut sebagai penggilingan pemuti

Bagikan

Lokasi pabrik milik sujoko, warga desa tepas kecamatan kesamben kabupaten blitar, yang digrebek tim satgas pangan polres blitar, ternyata sudah lama beroperasi. Namun, warga sekitar tidak mengetahuinya.

Selama ini pelaku membeli beras dengan kualitas rendah dari masyarakat sekitar. Selanjutnya beras kemudian dipoles menggunakan pemutih pakaian,  sehingga hasilnya menjadi putih dan bersih.  Beras kemudian dikemas dalam karung ukuran dua puluh lima kilogram dan dijual ke beberapa wilayah.

Kepala desa tepas, iin irawati mengaku, pihaknya tidak mengetahui tentang pemolesan beras menggunakan bahan kimia pemutih pakaian. Ia hanya tahu, jika usaha milik sujoko sebagai penggilingan untuk memutihkan beras.

Polisi hingga kini masih memeriksa pemilik usaha pemolesan beras.  Atas perbuatannya, pelaku akan dijerat dengan pasal 136  undang undang ri nomor 18 tahun 2012 tentang pangan, dengan ancaman pidana minimal lima tahun.   Dari Blitar Moh Aji .