DhohoTV - Sosial

Tradisi Unik Di Ponpes Panggung, Lomba Menghafal Gramatika Bahasa Arab Diiringi Musik Dari Alat Dapur Tulungagung

Oleh : kamik Selasa, 30 Mei 2017

Keterangan : Ada tradisi unik di bulan puasa ramadhan , yang dilakukan santri pondok pesanten panggung tulungagung , jawa timur , yakni lomba menghafal gramatika , atau tata bahasa arab . Selain kaidah bahasa arab

Bagikan

Pondok pesantren panggung di kelurahan karangwaru  , tulungagung ,  jawa timur ,  bukanlah tergolong pondok pesantren tua , karena didirikan pada tahun 1954 ,  oleh haji ali ,  yang dulunya merupakan langgar kecil yang sering di landa banjir , sehingga selanjutnya di beri nama pondok pesantren panggung.

Meski bukan pondok tua , namun ponpes panggung,  yang terletak di jantung kota tulungagung ini , memiliki keunikan,  yang saat ini hampir terlupakan oleh para pengasuh dan para santri . Keunikan tersebut , yakni tradisi menghafal gramatika,  atau tata bahasa arab ,  dengan metode musikal,  yang diiringi alat musik dapur .

Untuk menumbuhkan tradisi tersebut , pihak pondok di bulan ramadhan ini,  menggelar lomba tasrif,  atau menghafal tata bahasa arab , dengan cara dilagukan yang iringi musik dari alat dapur.  Tak hayal , para santri  langsung bersahut-sahutan melafalkan bait-bait nadzomah ,  atau syair yang berisi gramatika bahasa arab.  Selain itu , meski hanya menggunakan alat musik dapur , dan barang bekas , namun suara yang dibunyikan begitu merdu dan rancak .

Gramatika bahasa arab yang terangkum dalan syair-syair ini , akan lebih  mudah di hafal  dan dipahami dengan cara dilagukan sambil diiringi musik dari alat dapur .  Kali ini para santri pondok pesantren panggung,  menghafal syair-syair gramatika bahasa arab,  dari kitab alfiah ibnu malik yang terdiri dari seribu bait syair.  
 
Menurut para santri , persiapan mengikuti lomba tasrif ini , dibutuhkan waktu 3 hari latihan , untuk menggunakan berbagai alat musik tradisional dan alat dapur ,  agar selaras dengan hafalan kitab dengan syair lagu yang dibawakan .  
Selain metode untuk mudah menghafal , dengan dilakukan secara musikal  dan dilagukan dalam bait-bait syair , penguasaan kaidah bahasa arab dilingkungan pesantren lebih mudah  dan menyenangkan . Penguasaan bahasa arab ini ,  wajib bagi semua santri, karena semua kitab yang di pakai belajar santri mengunakan bahasa arab .

Warisan tradisi pesantren ,  berupa metode mempelajari kaidah gramatika bahasa arab secara musikal ini ,  juga membuktikan bahwa lagu selain sebagai hiburan   , juga bisa digunakan sebagai metode pembelajaran yang efektif dan menyenangkan , apalagi seperti saat ini , dalam bulan ramadhan,  kegiatan ini juga dimanfaatkan sambil menunggu buka puasa. Dari Tulungagung Nada Wianto.

 
 

 

 



Media Object

Komunitas kimcil nganjuk

Sosial     Hits : 2015
Media Object

Warga kediri temukan patung ganesa

Dhoho Hari Ini     Hits : 1291
Media Object

live

Live Streaming     Hits : 1183
Media Object

Kisah Pilu Hidup Dikandang Kambing

Dhoho Hari Ini     Hits : 1058
Media Object

Tradisi piton piton

Dhoho Hari Ini     Hits : 996
Media Object

Wisata danau warna

Sosial     Hits : 801