DhohoTV - Sosial

Bulan Ramadhan, Polisi Amankan 68,5 Liter Miras Oplosan Kediri

Oleh : redaksi Selasa, 30 Mei 2017

Keterangan : Bulan ramadhan kepolisian resort kota kediri gencar melakukan razia minuman keras ke sejumlah tempat di wilayah hukumnya, hasilnya, petugas berhasil menggrebek tempat pembuatan miras oplosan dan menga

Bagikan

Sebanyak 68,5 liter miras oplosan siap jual ini di amankan dari tempat pembuatan miras milik r-o 39 tahun warga dusun puhrubuh kecamatan semen kabupaten kediri yang masih dalam wilayah hukum polres kota kediri.  Miras oplosan yang berhasil diamankan ini terdiri oleh pelaku di masukan kedalam 39 botol air mineral isi 1 koma 5 liter dan 2 jurigen isi 5 literan .  Selain mengamankan miras oplosan,  polisi juga menyita bahan dan peralatan yang digunakan untuk meracik minuman haram tersebut. Yaitu, 12 liter alkohol kandungan 90 persen,  gula putih dan drum ukuran 30 liter.

Kasubag humas polres kota kediri a-k-p anwar iskandar mengatakan, pengungkapan miras oplosan tersebut, karena miras tidak dilengkapi dengan ijin dan tanpa adanya sanitasi pangan, masih kata anwar, pemilik pabrik miras oplosan ini dikenakan undang-undang pangan nomor 18 tahun 2012 pasal 137 dan 135 dengan ancaman hukuman 10 milyar dan 5 milyard. Untuk pelaku tidak dilakukan penahanan, karena kasusnya dilanjut ke ranah persidangan.

Sedangkan cara pemebuatan miras oplosan tersebut yaitu, menggunakan alkohol dicampur dengan gula pasir dan air putih,  kemudian dimasukan kedalam drum berukuran 30 liter.  Setelah tercampur didalam drum,  kemudian di masukan ke dalam botol air mineral ukuran 1 liter setengah untuk di dijual ke warung-warung dan teman-temanya. Dari Kediri Habibul Muntaha .